Pasaman Barat Segera Bangun Taman Makam Pahlawan

id Syahiran

Pasaman Barat Segera Bangun Taman Makam Pahlawan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada momen Hari Ulang Tahun RI ke-72 menargetkan akan menyediakan Taman Makan Pahlawan di daerah itu bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang ada.

"TMP harus ada. Apalagi cikal bakalnya sudah ada di daerah Jambak," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat temu ramah dengan sejumlah veteran kemerdekaan di Simpang Empat, Kamis.

Ia menambahkan pihaknya sangat serius untuk menyediakan dan membangun TMP sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang kemerdekaan.

Menurutnya, TMP di Pasaman Barat harus ada karena sudah memiliki TMP di kawasan Jambak.

"Tinggal kita laporkan ke pemerintah provinsi, sehingga makam itu resmi. Dinas sosial juga harus pro aktif mengurus TMP ini hingga pemerintah provinsi," ujarnya.

Ia mengemukakan sebagai kabupaten sudah seharusnya memiliki TMP. Perhatian kepada pejuang harus terus dilanjutkan.

"TMP itu sebagai bentuk perhatian kita kepada pejuang. Melanjutkan perjuangan mereka, salah satu caranya dengan menyediakan TMP," ujarnya.

Sementara itu, dukungan untuk menyediakan TMP juga diberikan oleh Kodim 0509 Pasaman dan Polres Pasaman Barat.

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Cosmas menjelaskan jika sudah ada TMP bagi ibu-ibu atau bapak -bapak bisa beristirahat terakhir di TMP.

"Kalau TMP sudah ada, bapak dan ibu veteran diharapkan mau bermakam atau beristirahat di situ," ujarnya.

Selain itu, bagi veteran atau pahlawan yang sudah dimakamkan di tempat lain bisa dipindahkan ke TMP dengan aturan yang berlaku.

"Mudah-mudahan TMP di Pasaman Barat segera terwujud. Kami siap mendukung demi veteran yang ada," tambahnya. (*)