Popnas 2017, Sumbar Siapkan 13 Taekwodoin

id taekwondo

Popnas 2017, Sumbar Siapkan 13 Taekwodoin

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Satya Baty)

Padang, (Antara Sumbar) - Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 13 taekwodoin untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah.

"13 atlet ini dipilih melalui proses seleksi yang kami adakan, salah satunya yakni seleksi daerah yang diikuti oleh 13 kabupaten/kota," kata Sekretaris Umum Pengprov Taekwondo Indonesia Sumbar, Budi Ilyas di Padang, Senin.

Seleksi daerah dilaksanakan pada 29 hingga 30 Juli yang diikuti oleh 35 peserta dari 13 kabupaten/kota. "Enam kabupaten/kota tidak mengutus atletnya untuk ikut seleksi," ujarnya.

Ia menyebutkan, setelah dilakukan seleksi daerah, sembilan taekwondoin menjadi yang terbaik dan akan dibawa ke Popnas bersama empat atlet dari PPLP Sumbar.

Bagi latihan bagi sembilan taekwondoin hasil seleksi, sebutnya mereka saat ini difokuskan berlatih di daerah masing-masing, namun jelang dua minggu diselenggarakan Popnas akan dikumpulkan di Padang.

"Sementara untuk empat atlet dari PPLP Sumbar, latihan di Padang," terangnya.

Pada Popnas di Jateng yang akan September 2017, pihaknya bertekad dapat memperoleh emas pada setiap nomor yang dipertandingkan.

"Harapan kami bisa memenangkan setiap pertandingan, namun terpenting para atlet dapat tampil dengan maksimal," katanya.

Ia menyebutkan Sumbar selama ini punya sejarah emas di Popnas, yakni pada 2013 membawa pulang dua emas dan 2015 satu emas. Untuk tahun ini pihaknya ingin mempertahankan perolehan emas tersebut.

Sementara itu, ke-13 atlet yang akan dikirim untuk Popnas 2017, yakni Ricardo Alantino (kelas Under 48) dan Derry Parsyanto (U-59) dari Kabupaten Solok Selatan, Raihan Hidayat (U-51) Kota Payakumbuh, Sultan Alif (U-68) Dharmasraya, dan Densa Mara Astrit Kabupaten Tanah Datar.

Lalu, Raudhtul Farina (U-44) asal Kota Padang, Shakira Elagemda (U-49) Kabupaten Sijunjung, Zakia Aldeo (U-52) Kabupaten Sijunjung, Intania Putri S (U- 59) Kota Payakumbuh, Zona Sri Wahyuni (U-68) Kabupaten Limapuluhkota , Dyah Nurlia Sari (U-55) Kabupaten Agam, Fariz Farhan NH (U-63) Bukittinggi, dan Bimantara Subrata (U-55) Kabupaten Sijunjung. (*)