Danrem ingin taekwondo Sumbar kembali disegani di level internasional

id Danrem Wirabraja, taekwondo Sumbar

Danrem ingin taekwondo Sumbar kembali disegani di level internasional

Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran calon Ketua Umum Taekwondo Indonesia Provinsi Sumbar di Padang, Minggu (14/1/2024). Antara/HO-Humas Penrem 032/Wirabraja.

Padang (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl bertekad menjadikan taekwondo di Sumatera Barat (Sumbar) kembali disegani di tataran regional hingga internasional, apabila ia terpilih sebagai ketua umum bela diri di provinsi tersebut.

"Kita ingin mewujudkan taekwondo yang bermoral, tangguh dan berprestasi di tataran regional bahkan internasional," katanya usai menyerahkan berkas pencalonan Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia Sumbar di GOR Haji Agus Salim, Padang, Minggu.

Lulusan Akademi Militer tahun 1992 tersebut mengaku siap mengabdikan diri sebagai Ketua Umum Taekwondo Indonesia Provinsi Sumbar masa bakti 2024-2028 jika diberikan mandat.

"Saya maju karena merasa terpanggil dan siap membawa bela diri taekwondo kembali disegani di kawasan regional maupun internasional," ujarnya.

Hal tersebut, kata dia, dapat diwujudkan lewat serangkaian program yang akan disusun secara matang untuk pengembangan bela diri taekwondo Indonesia, khususnya di Ranah Minang.

Jika terpilih jenderal bintang satu yang pernah ditugaskan pada Operasi Rehabilitasi Konflik Sampit tersebut akan melakukan langkah awal antara lain pembenahan internal, termasuk menyiapkan para atlet untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara itu Sekretaris Umum Taekwondo Indonesia Provinsi Sumbar Budi Ilyas mengatakan Danrem 032/Wirabraja telah menyerahkan berkas pencalonan dan selanjutnya akan diverifikasi tim Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP). Kemudian TPP akan mengajukan untuk dibahas pada musyawarah tingkat provinsi pada 21 Januari 2024.

Lebih lanjut pendaftaran calon Ketua Umum Taekwondo Indonesia Provinsi Sumbar telah dibuka sejak 8 sampai 14 Januari 2024. Namun, hingga hari terakhir pendaftaran hanya dua orang yang mengambil formulir pendaftaran.

"Sampai hari ini yang mengambil berkas formulir ada dua orang calon, termasuk Danrem. Tapi baru satu yang menyerahkan berkas dan hari ini adalah hari terakhir penyerahan berkas pendaftaran," katanya.