Baznas Agam Salurkan Zakat Rp700 Juta

id Baznas

Baznas Agam Salurkan Zakat Rp700 Juta

( )

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyalurkan zakat sebesar Rp700 juta kepada 448 mustahik atau orang berhak menerima yang tersebar di 16 kecamatan di daerah itu.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zen di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan, penyaluran zakat ini dilakukan pada dua lokasi. Penyaluran pertama di kantor Baznas Belakang Balok Kota Bukittinggi dengan dana sebesar Rp438 juta untuk 300 orang yang tersebar di 11 kecamatan.

Sementara penyaluran kedua di Masjid Nurul Falah Lubukbasung sebesar Rp262 juta untuk 148 orang tersebar di lima kecamatan.

"Penyaluran zakat di Belakang Balok telah kita lakukan pada Selasa (30/5) dan penyaluran zakat di Lubukbasung pada Jumat (2/6)," tambahnya.

Menurut dia, zakat yang disalurkan ini untuk empat jenis program Baznas Agam yakni, program Agam Makmur, Agam Cerdas, Agam Sehat dan Agam Peduli.

Mereka yang mendapatkan zakat ini setelah mengajukan permohonan kepada Baznas Agam. Setelah itu, Baznas Agam menurunkan tim untuk melakukan verifikasi ke lapangan dan tim melakukan rapat untuk menentukan layak atau tidak diberi bantuan.

Setelah tim memastikan layak mendapatkan bantuan, maka bantuan tersebut langsung diserahkan.

"Bantuan ini setiap bulan kita salurkan. Dana zakat yang kita salurkan ini berasal dari warga di daerah itu," sebutnya.

Salah seorang penerima zakat, Yuheldi (53), mengucapkan terima kasih atas bantuan modal usaha yang diberikan Baznas Agam berupa 25 ekor itik, biaya untuk membuat kandang sebesar Rp715 ribu dan biaya pakan Rp125 ribu.

"Itik yang diberikan ini akan saya pelihara dengan baik, sehingga telurnya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan untuk keluarga," katanya yang sehari-hari sebagai nelayan.

Bupati Agam Indra Catri berharap kepada penerima zakat untuk menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga tahun depan sudah turut berzakat atau keluar dari penerima zakat.

"Ini harapan saya sehingga penerima zakat di Agam akan berkurang. Untuk itu, manfaatkan zakat ini sebaik mungkin dalam meningkatkan perekonomian," lanjutnya. (*)