Disbud Siap Fasilitasi Pameran Seniman Sumbar

id Dinas Kebudayaan

Disbud Siap Fasilitasi Pameran Seniman Sumbar

Pengunjung memperhatikan sejumlah foto yang dipamerkan di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat, di Padang, Senin (30/3). Puluhan foto karya 22 fotografer propinsi itu yang pernah menjuarai lomba tingkat nasional dan internasional dipamerkan dalam rangka Gathering Forum Silaturahmi Fotografer Sumbar. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/Koz/Spt/15. ()

Padang, (Antara Sumbar)- Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar), Taufik Effendi mengatakan pihaknya siap membantu para seniman untuk menfasilitasi mereka dalam memamerkan karya.

"Salah satu tugas kami di Dinas Kebudayaan adalah mengakomodasi para seniman yang ada di Sumbar untuk memamerkan karya mereka," katanya saat dikonfirmasi di Padang, Minggu.

Ia mengatakan melalui UPT Taman Budaya Sumbar sudah dilakukan koordinasi guna fasilitasi ini, dan untuk beberapa waktu belakangan hal itu sudah dapat terlaksana.

Menurutnya Sumbar memiliki banyak seniman, mulai dari seniman lukis, seniman tari, seniman musik serta drama atau teater yang tersebar di seluruh daerah.

Untuk seniman lukis yang ada di daerah masih banyak yang belum terlalu dikenal oleh orang banyak, hal ini lantaran belum adanya dilakukan pameran untuk karya-karya mereka.

"Menyikapi hal ini makanya kami bersama Taman Budaya besepakat untuk menfasilitasi mereka untuk mengadakan pameran di Taman Budaya ini," kata dia.

Ia menambahkan dengan dibukanya ruang bagi para seniman untuk menampilkan karyanya maka diharapkan nantinya akan muncul seniman-seniman baru yang berpengaruh dari Sumbar.

"Oleh sebab itu kami akan membantu dalam mempertemukan penikmat karya seni dengan karya-karya dihasilkan oleh seniman," katanya.

Sementara itu salah seorang kurator lukisan Sumbar, Muharyadi mengatakan masih banyak para pelukis yang hingga saat ini masih eksis dalam melahirkan karya.

"Salah satu dari sekian banyak pelukis Sumbar yang masih eksis adalah AMY Dt Garang yang fokus pada seni kalaigrafi, untuk saat ini karya-karya beliau sedang dipamerkan di Galeri Taman Budaya Sumbar," katanya. (*)