Agam gelar lomba pidato adat tingkat SD lestarikan kebudayaan

id Pemkab agam,Berita agam,Berita sumbar

Agam gelar lomba pidato adat tingkat SD lestarikan kebudayaan

Ketua LKAAM Kabupaten Agam Junaidi Dt Gampo Alam menyerahkan hadiah bagi pemenang. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat menggelar lomba pidato adat antar siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah itu dalam rangka melestarikan kebudayaan Minangkabau bagi generasi muda.

Kepada Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Jupri di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan lomba itu diikuti oleh 16 group yang merupakan SD piloting Program Cerdas, Aktif, Kreatif, Adat dan Prilaku (CAKAP) se Agam.

"Lomba kita adakan di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya," katanya.

Ia mengatakan, pasambahan yang dilombakan yaitu pasambahan makan dan pasambahan siriah carano.

Lomba ini sebagai tindak lanjut pembelajaran kurikulum muatan lokal adat budaya tingkat SD di daerah itu.

Setelah itu untuk melestarikan kebudayaan Minangkabau kepada generasi muda di daerah itu

"Saya berharap pidato pasambahan adat ini semakin diminati oleh generasi muda dalam rangka pelestarian adat budaya Minangkabau di tengah-tengah masyarakat Agam," katanya.

Ia menambahkan, sebagai dewan juri pada kegiatan ini yaitu tokoh Adat Nagari Sungai Batang Angku Yus Dt Parpatiah, Ketua LKAAM Kabupaten Agam Junaidi Dt Gampo Alam dan Tokoh Adat Agam Nasrial Dt Asalabiah.

Keluar sebagai juara terbaik satu dari SDN 02 Sariak Kecamatan Sungai Pua, juara dua diraih SDN 03 Koto Tuo Kecamatan Ampek Koto, juara tiga SDN 03 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang.

"Juara pertama memperoleh tropy dan uang pembinaan Rp2.5 juta, juara dua memperoleh uang pembinaan sebesar Rp2 juta dan juara tiga memperoleh uang pembinaan Rp1,5 juta," katanya.