Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

Gubernur Minta Pelaku UMKM Kuasai Teknologi Informasi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membuka pelatihan penggunaan teknologi informasi bagi pelaku UMKM di Padang, Selasa. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menguasai teknologi informasi karena memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu pengembangan usaha.

"Promosi usaha bisa lebih hemat biaya, cepat dan gampang dikenal secara luas. Ini akan sangat membantu pengembangan usaha," kata Irwan Prayitno dalam pelatihan pengembangan pemasaran berbasis IT bagi pelaku UMKM di Padang, Selasa.

Namun menurutnya tetap harus ada stardar tertentu yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha jika menggunakan teknologi informasi dalam mengembangkan usahanya di antaranya memberikan informasi produk dengan lengkap.

"Sertakan data sesuai produk. Jangan ada yang rekayasa yang bisa menghilangkan kepercayaan konsumen," katanya.

Selain itu, pelaku usaha juga harus memperhatikan kemasan produk yang dijual.

"Makin menarik kemasan makin baik dan jangan sampai kadaluarsa untuk makanan," katanya.

Menurutnya jika produk yang dipromosikan tidak memenuhi standar tersebut, kemungkinan tidak akan dilirik lagi karena tidak bisa dipercaya.

Ia berharap pelatihan yang diberikan bisa membuka cakrawala pemikiran pelaku UMKM di Sumbar hingga bisa makin berkembang.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMK Sumbar, Zirma Yusri mengatakan pelatihan ini bertujuan mengembangkan kemampuan pelaku UMKM dengan menggunakan teknologi informasi sehingga bisa meningkatkan pemasaran.

"Pelatihan ini diikuti 80 pelaku usaha dan dilaksanakan selama 4 hari dari 13-16 Maret 2017," ujar dia. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga