Minggu, 26 Maret 2017 - 28 Jumadil Akhir 1438 H

Wapres Resmikan Gedung E RS PMI Bogor

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA /Yudhi Mahatma)
Bogor, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan Gedung-E Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI), Bogor, yang akan dijadikan sebagai rumah sakit percontohan PMI di dalam negeri.

Dalam sambutannya pada acara peresmian tersebut, Kalla mengatakan bahwa RS PMI Bogor tersebut menjadi salah satu contoh untuk pengembangan rumah sakit lain di Indonesia.

"Palang Merah Indonesia itu punya tiga rumah sakit, yang terbesar di Bogor. Ada satu di Lhokseumawe, Kendari, dan juga beberapa klinik. Oleh karena itu, selalu saya katakan bahwa RS PMI Bogor ini harus menjadi contoh," kata Kalla.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pelantikan Dewan Pengawas RS PMI Bogor untuk masa bakti 2017 s.d. 2021 dan Direksi RS PMI periode 2017 s.d. 2022.

Kalla mengatakan bahwa para direksi dan seluruh jajaran di RS PMI Bogor memberikan pelayanan kesehatan tanpa membeda-bedakan status sosial pasien.

"Intinya, tidak boleh membeda-bedakan pelayanannya, rumah sakit harus begitu," kata Wapres.
Kalla menambahkan bahwa pemerintah telah mewajibkan seluruh lembaga kesehatan untuk memberikan pelayanan yang setara bagi masyarakat Indonesia karena hal tersebut merupakan kewajiban bagi seluruh rumah sakit yang ada.

Rumah Sakit PMI Bogor didirikan pada tahun 1931 yang merupakan prakarsa kelompok sosial orang-orang Belanda. Namun, baru pada tahun 1948, penegelolaan rumah sakit tersebut dihibahkan pada pengurus Palang Merah Indonesia Cabang Bogor dan diberi nama Rumah Sakit Kedung Halang.

Pada tahun 1951, rumah sakit tersebut diserahkan kepada Markas Besar Palang Merah Indonesia dan ditunjuk sebagai rumah sakit umum serta berganti nama menjadi Rumah Sakit Palang Merah Indonesia. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Baca Juga