Pemkot Pariaman Bagikan Ribuan Buku Ibadah Pelajar

id Buku Ibadah

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, membagikan 42 ribu eksemplar buku ibadah agama Islam bagi pelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) untuk meningkatkan ketakwaan siswa.

"Buku ibadah tersebut telah didistribusikan secara gratis oleh pemerintah daerah dalam menunjang program keagamaan di setiap satuan pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga (Disdikpora) setempat, Kanderi di Pariaman, Kamis.

Ia menerangkan buku ibadah tersebut berisikan sejumlah rangkaian kegiatan keagamaan, seperti solat, ceramah agama, mengaji dan lainnya.

"Setiap kegiatan ibadah tersebut memiliki bobot yang berbeda misalnya, shalat berjamaah di masjid memiliki poin tiga, shalat berjamaah di rumah dua poin, dan shalat sendirian satu poin," jelasnya.

Ia mengatakan setiap poin tersebut akan dikumpulkan dan kemudian dikalkulasikan pada akhir semester untuk mendukung nilai mata pelajaran agama.

"Nantinya nilai tersebut berpengaruh 30 persen terhadap nilai rapor peserta didik, dan 70 persennya dari nilai keagamaan di sekolah," terangnya.

Oleh sebab itu, ia meminta para wali murid dan guru agar mengawasi dan mendorong anak didik menjalankan sejumlah kegiatan ibadah tersebut.

Kemudian, sebutnya menambahkan kegiatan buku ibadah tersebut sekaligus mendorong dan menyukseskan program Magrib Mengaji dan wajib belajar.

"Pemkot Pariaman memiliki program wajib belajar dan magrib mengaji, sehingga buku ibadah diharapkan dapat mensinkronkan dua program tersebut," tegasnya.

Sementara itu Agus Suryadi (54) salah seorang wali murid di kota itu, mengatakan sangat terbantu dengan program buku ibadah yang diterapkan pemerintah daerah.

"Orang tua lebih bisa memberikan arahan pada anak didik agar menjalankan kegiatan ibadah, sehingga dapat membentuk karakter positif," jelasnya. (*)