Taekwondo Indonesia Sumbar Upayakan Tiga Atlet Ikut Pelatnas

id Taekwondo

Taekwondo Indonesia Sumbar Upayakan Tiga Atlet Ikut Pelatnas

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Padang, (Antara Sumbar) - Pengurus provinsi Taekwondo Indonesia Sumatera Barat (Sumbar) berupaya agar tiga atlet kerjunas bisa mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk tahun-tahun berikutnya.

"Ada tiga atlet taekwondo Sumbar pada kejurnas tahun lalu meraih perak, atlet ini yang akan diprioritaskan akan mengikuti pelatnas pada dua tahun kedepan," kata Ketua Umum TI Sumbar Handrianto di Padang, Jumat.

Ia mengatakan atlet taekwondo Indonesia Sumbar yang mengikuti pelatnas hanya Mastio Embrian, sedangkan peraih medali emas PON 2016 Jabar Delva Rizki tidak dipanggil mengikuti pelatnas karena usia yang sudah memasuki 23 tahun. Usia atlet taekwondo yang masuk pelatnas berkisar 16-21 tahun.

"Contohnya Mastio yang telah dipanggil masuk pelatnas pada usia 18 tahun hingga sekarang," ujarnya.

Meski Taekwondo Indonesia Sumbar hanya mengirimkan satu atlet pelatnas, namun Handrianto tetap bersyukur karena beberapa waktu lalu PB Taekwondo Indonesia melakukan pemangkasan jumlah atlet pelatnas.

"Pada pemangkasan itu ada tiga atlet yang dipulangkan, dan syukurnya Mastio tidak termasuk di dalamnya," katanya.

Pada 2017, Taekwondo Indonesia mengagendakan beberapa kejuaraan daerah untuk tetap meningkatkan kemampuan dan motivasi atlet dalam berlatih.

"Selain kejuaraan yang digelar pengprov, pengcab Pasaman dan Sijunjung juga mengadakan turnamen," katanya.

Selain itu, Taekwondo Indonesia juga fokus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet muda potensial yang dipersiapkan untuk turun di turnamen berskala nasional maupun internasional.

"Juga dilaksanakan ujian kenaikan tingkat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PB TI pusat," ujarnya. (*)