Solok Selatan Tawarkan Empat Objek Wisata Unggulan

id Rumah Gadang Seribu

Solok Selatan Tawarkan Empat Objek Wisata Unggulan

Warga melintas di depan rumah gadang yang berada di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. (Antara) ( )

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memiliki dan menawarkan empat objek wisata unggulan yang bisa menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Doni Hendra, di Padang Aro, Sabtu, mengatakan, keempat objek wisata bagi wisatawan mancanegara yaitu kawasan Seribu Rumah' Gadang di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu.

Selanjutnya kata dia, Hot Waterboom di Nagari Alam Pauah Duo dimana air panasnya berasal dari gunung kerinci dan bagus untuk kesehatan.

Dua destinasi lagi kata dia, berada di Kecamatan Sangir yaitu jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Danau Bontak dan juga sudah ada lokasi camping ground serta arung jeram di aliran Batang Sangir.

"Bila keempat objek ini dikemas dengan baik maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan serta perekonomian masyarakat akan meningkat," katanya.

Dia menjelaskan, untuk kawasan Seribu Rumah Gadang sekarang sudah banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung dan merasakan sensasi menginap di dalam Rumah kebanggaan masyarakat Minang tersebut.

Hanya saja katanya, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di sekitar Seribu Rumah Gadang belum bisa memanfaatkan kesempatan ini sehingga hanya pemilik rumah yang mendapatkan manfaatnya.

"Tahun depan kita akan memberikan pelatihan terhadap Pokdarwis yang sudah ada sehingga mereka bisa memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menghasilkan uang," katanya.

Sedangkan untuk arung jeram katanya, bila anggaran disetujui tahun depan akan digelar event nasional di Solok Selatan.

"Yang terpenting semua destinasi wisata dikelola langsung oleh masyarakat sehingga mereka tidak hanya sebagai penonton," jelasnya.

Dia menambahkan, yang masih perlu diperbaiki untuk wisata Solok Selatan adalah bagaimana meninggalkan kenangan bagi pengunjung.

"Bila kenangan sudah bisa dirasakan pengunjung maka ia akan kembali datang ke Solok Selatan," tambahnya.

Sementara itu anggota DPRD Solok Selatan Solihin mengatakan, masyarakat di objek wisata janganlah mengharapkan uang saja tetapi harus bekerja dulu.

"Bila orang sudah melihat hasil kerja kita maka mereka akan berkunjung dan barulah uang akan berdatangan," katanya. (*)