Pemkab Tanah Datar Bimtek 150 Protokol dan MC

id bimtek

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan bimbingan teknis terhadap 150 orang tenaga protokoler dan pembawa acara (MC) di lingkup pemda setempat.

"Suksesnya suatu kegiatan atau acara sangat ditentukan oleh kepiawaian seorang protokoler dan pembawa acara dalam mengatur kegiatan tersebut," kata Sekretaris Daerah Tanah Datar Hardiman saat membuka Bimtek dan Sosialisasi Keprotokoleran dan MC di Pagaruyung, Selasa.

Ia menyebutkan selama ini banyak yang salah persepsi tentang tugas protokoler hanya sebagai pembawa acara, padahal itu cuma sebagian kecil dari tugas seorang protokol.

"Sesungguhnya protokoler itu adalah serangkaian aturan atau tata cara dalam menyelenggarakan suatu acara agar dapat berjalan dengan tertib, hikmad, rapi, lancar dan teratur dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku," katanya.

Seorang protokoler, jelasnya harus mampu menjadi manager yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima.

Untuk itu, menjadi protokoler yang kompeten dalam menangani sebuah acara setidaknya dibutuhkan tiga hal yaitu pengetahuan, kemampuan, dan sikap.

Ia berharap peserta Bimtek mampu melaksanakan berbagai acara baik resmi, setengah resmi maupun tidak resmi di lingkungan satuan kerja masing-masing atau di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Adriyanti Rustam mengatakan peserta Bimtek berasal dari instansi vertikal, perguruan tinggi, BUMD serta lembaga lainnya.

"Bidang keprotokoleran ini berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, upacara dan penghormatan," katanya.

Ia menyebutkan narasumber yang dihadirkan dalam bimtek ini berasal dari Kementerian Sekretariat Negara RI, Sandra Erawanti dan Biro Umum Setdaprov Sumbar Enim. (*)