KPU Pasaman Barat berikan bimbingan teknis kepada 9.002 KPPS

id KPU Pasaman Barat adakan bimtek ke KPPS

KPU Pasaman Barat berikan bimbingan teknis kepada 9.002 KPPS

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat, Hafizul Pahmi (tengah) bersama KPPS sedang mengikuti bimbingan teknis persiapan Pemilu 2024. (Antara/HO-KPU Pasaman Barat). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberikan bimbingan teknis dalam meningkatkan kemampuan dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara kepada 9.002 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah itu.

"Bimbingan teknis itu sudah berjalan sejak 26 Januari sampai 29 Januari 2024 nanti yang berlangsung di seluruh Kecamatan se-Pasaman Barat yang langsung dikoordinir oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan bersama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tiap-tiap nagari atau desa," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat, Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan adapun tujuan bimbingan teknis bagi KPPS Pemilu 2024 adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS.

Bimtek itu, katanya, diikuti oleh seluruh petugas KPPS yang berjumlah tujuh orang untuk tiap TPS.

"Saat proses pemungutan nanti maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling untuk mengingatkan," katanya.

Menurutnya, bimbingan teknis itu wajib diselenggarakan oleh PPK dan PPS Pemilu 2024.

Ia menjelaskan materi bimtek KPPS Pemilu 2024 adalah tentang tata cara pencoblosan, penghitungan suara, penyelesaian sengketa pemilu, dan lainnya.

Ia berpesan kepada seluruh PPK dan PPS yang akan bertugas pada 14 Februari mendatang untuk tetap memperhatikan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

"Jalankan tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing agar pelaksanaan pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar serta hindari konflik dengan simpatisan calon ataupun pemilih," ujarnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar beramai-ramai datang ke TPS pada 14 Februari mendatang untuk menggunakan hak pilihnya.

"Ayo datang ke TPS. Gunakan hak pilih dalam menentukan nasib bangsa kedepan," ajaknya.