Diskominfo Pasaman Barat gelar bimtek bagi petugas layanan darurat

id Bimbingan teknis layanan darurat

Diskominfo Pasaman Barat gelar bimtek bagi petugas layanan darurat

Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Komimfo mengadakan bimbingan teknis bagi operator dan petugas layanan panggilan darurat siaga 112 dalam rangka memudahkan layanan kemasyarakat nantinya. (Antara/HO-Diskominfo Pasaman Barat). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengadakan bimbingan teknis bagi operator dan petugas layanan panggilan darurat siaga 112 dalam rangka memudahkan layanan ke masyarakat nantinya.

Kepala Diskominfo Pasaman Barat Imter Pedri di Simpang Empat, Sabtu, mengatakan layanan saga 112 ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam kondisi gawat darurat (emergency), dan memudahkan masyarakat untuk memperoleh pertolongan apabila terjadi bencana, kebakaran, dan keadaan darurat lainnya.

Menurutnya, belajar dari pengalaman sebelumnya saat gempa bumi di Pasaman Barat pada tahun 2022 lalu perlu adanya penanganan cepat bagi masyarakat.

Untuk itu, katanya, melalui nomor tunggal 112 ini dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat apabila terjadi bencana seperti kebakaran, banjir, gempa dan bencana lainnya.

"Pasaman Barat merupakan kabupaten ke-6 di Sumatera Barat yang menggunakan layanan panggilan darurat 112 setelah Kabupaten Padang Pariaman, Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung," katanya.

Ia mengharapkan, keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak terkait sehingga perlu keseriusan dan komitmen untuk keberhasilan layanan ini.

"Semoga ke depannya pelayanan kepada masyarakat lebih dekat dan lebih cepat," harapnya.

Bimbingan teknis itu diikuti oleh diikuti oleh pengelola dan pejabat penghubung pelayanan Pasaman Barat siaga 112 dari 13 organisasi perangkat daerah dan Polres Pasaman Barat, Kodim 0305/Pasaman, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Damkar.

Selain itu, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Basarnas dan PMI Pasaman Barat.