Pemkot Solok gelar bimtek guru pendamping OSN matematika tingkat SD

id Pemkot Solok, berikan bimtek, guru pendamping, OSN matematika, tingkat SD

Pemkot Solok gelar bimtek guru pendamping OSN matematika tingkat SD

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menghadiri bimtek guru pendamping OSN matematika tingkat SD se-Kota Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Prokomp Solok

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi guru pendamping Olimpiade Sains Nasional (OSN) matematika tingkat SD se-Kota Solok.

Wali Kota Solok Zul Efian Umar di Solok, Selasa, berharap bimtek tersebut dapat menambah wawasan dan memotivasi para guru pendamping OSN matematika tingkat SD.

Ia mengatakan guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan sumber daya manusia memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, kehadiran seorang guru tidak serta-merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu.

Suri teladan dalam proses pembelajaran formal menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa. Dalam bahasa kekinian, membentuk profil pelajar Pancasila.

Demikian juga dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dalam hal ini pembelajaran yang dilombakan dalam olimpiade, yang diketahui bersama merupakan cabang ilmu yang implementasinya paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami harapkan hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas guru dalam memberikan pelajaran memperbaiki kualitas belajar mengajar khususnya pelajaran MIPA dan menjadikan sebagai bidang studi unggulan yang kemudian dapat mencetak siswa siswi yang mampu bersaing dan meraih prestasi dalam berbagai seleksi atau perlombaan tingkat lokal maupun nasional," ucap dia.

Ia juga berharap semoga para guru yang mengikuti bimtek bisa mengimplementasikannya di sekolah-sekolah, sgar siswa dapat belajar dengan lebih baik dan menyenangkan.

"Semoga dengan mengikuti program ini menjadi salah satu upaya mencetak generasi emas Kota Solok yang lebih berkualitas,” ucapnya.

Dia juga mengharapkan dengan adanya bimtek guru pendamping olimpiade siswa tersebut para guru bisa menjadi tenaga pengajar yang mumpuni, terlebih untuk saat ini harus didukung pula dengan penguasaan IT untuk menunjang pembelajaran.