Padang Janjikan Keterbukaan Informasi Melalui Aplikasi PPID

id Mursalim

Padang Janjikan Keterbukaan Informasi Melalui Aplikasi PPID

Kepala Bagian Humas dan Protokol Padang Mursalim. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menjanjikan keterbukaan informasi secara menyeluruh usai meresmikan aplikasi secara dalam jaringan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

"Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan dokumentasi dari pemerintah kota termasum dinasnya," kata Ketua PPID sekaligus Kepala Bagian Humas dan Protokol Padang Mursalim Nafis di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan untuk mendukung pengisian aplikasi ini, pihaknya telah membentuk pengelola utama dan pembantu guna mempercepat dan memperbarui data dan informasinya.

Dalam hal ini pengelola pembantu berada pada satuan kinerja perangkat daerah (skpd) yang wajib memperbarui informasi dan dokumentasi yang ada.

"Tidak ada alasan lagi skpd tidak memberikan informasi yang jelas tentang perkembangan dan kinerja setiap saat," tambahnya.

Adapun informasi yang bisa disebarkan melalui aplikasi ini oleh skpd kata dia, yakni informasi publik yang wajib dikeluarkan setiap saat, serta merta atau berkala.

Sedangkan informasi yang bersifat belum pasti tidak disebarkan karena berpotensi melanggar undang-undang yang berkaitan dengan informasi tersebut.

"Dengan adanya aplikasi tersebut pemerintah akan bisa melihat skpd mana yang rajin memperbarui informasi dengan yang tidak," ujarnya.

Lebih lanjut kata Mursalim adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjawab keraguan masyarakat terhadap keterbukaan informasi publik.

Sebelum ini katanya, pihaknya telah menyebarkan hampir semua kegiatan pemerintah melalui media sosial, situs pemerintahan dan rilis kepada media.

"Ke depan hal tersebut akan meningkat intensitasnya agar masyarakat secara terbuka dapat menilai kelebihan dan kekurangan pemerintahan saat ini," katanya.

Terkait aplikasi ini sebutnya, masyarakat bisa mengakses secara daring di ppid.padang.go.id dan akan mendapat jaminan informasi secara menyeluruh, baik itu kegiatan, pengumuman, pelayanan dan lain sebagainya.

Sementara itu salah satu mahasiswa di Universitas Andalas Fika Sri, berharap dengan adanya aplikasi seperti di pemkot Padang akan memberikan pelayanan informasi secara menyeluruh kepada masyarakat.

Sebab menurutnya saat ini masih banyak instansi tidak secara jujur dan menyeluruh akan informasinya, baik itu terkait pelayanan atau rencana programnya. (*)