Pemkab Dharmasraya Bangun Empat Los Pasar Rakyat

id Pemkab Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan menambah empat bangunan los untuk pedagang di empat pasar rakyat di daerah itu pada 2016.

"Kita harapkan ini dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional, serta memberi kenyamanan terhadap pengunjung dan pedagang saat berjualan," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Dharmasraya, Khairuddin di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan, bangunan los itu dibangun di empat unit pasar rakyat daerah itu, di antaranya di Pasar Rakyat Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru.

Kemudian, lanjutnya, Pasar Rakyat Koto Baru Kecamatan Koto Baru, Pasar Rakyat Abai Siat Kecamatan Koto Besar, dan Pasar Rakyat Pinang Makmur Kecamatan Timpeh.

"Saat ini pengerjaannya telah dimulai oleh pihak rekanan, kita harap pembanguan pasar rampung tepat waktu," lanjutnya.

Menurut dia, perlu adanya penunjang infrastruktur pasar rakyat yang memadai untuk menjadikan tempat berbelanja yang menyenangkan bagi pengunjung dan pedagang bisa berjualan dengan nyaman.

Selain itu, peningkatan sarana ini juga diyakini mampu menjadikan pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern (swalayan) yang memberikan konsep pelayanan penuh kepada pengunjung.

"Selama ini orang menilai pasar tradisional itu kumuh, tidak tertata dan lain sebagainya. Untuk itu, secara bertahap kami akan lakukan perubahan," ujarnya.

Dia menyebutkan, bagunan los empat uni pasar rakyat mamakai dana sekitar Rp685 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Poniman (48) salah satu warga Nagari (Desa Adat) Pulau Punjung, mengatakan, menyambut baik upaya pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat berbelanja.

"Kami berharap pembaguna pasar rakyat ini benar sempurna tanpa ada korupsi dari pihak rekanan," ujarnya. (*)