BPJS Kesehatan Jadikan Hasil Survei sebagai Motivasi

id BPJS Kesehatan, Survei, Motivasi

Jakarta, (AntaraSumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyatakan akan menjadikan hasil survei mengenai respon positif masyarakat sebagai motivasi.

"Respon positif masyarakat akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan," kata Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Purnawarman Basundoro di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, BPJS Kesehatan akan terus berupaya agar semakin banyak masyarakat yang paham manfaat program jaminan kesehatan.

Pernyataan tersebut disampaikan terkait hasil survei Indo Barometer terhadap tingkat kepuasan masyarakat atas Program Pemerintah yang Paling Disukai Rakyat.

Survei tersebut menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) terbanyak mendapatkan respon positif.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan, KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan paling banyak mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Dia menjelaskan, KIS berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori Program Pemerintah yang Paling Disukai Rakyat.

"Perolehan skor-nya mencapai 18,6 persen," katanya.

Skor tersebut, kata dia, memiliki rentang nilai yang cukup signifikan dibandingkan dengan program lainnya.

"Contohnya program pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar, beasiswa dan lain sebagainya mencapai skor 7,9 persen," katanya.

Contoh lain, kata dia, kedekatan dengan rakyat 6,5 persen, terbukti kinerjanya 5,2 persen dan program BLT 3,6 persen.

Meski demikian, kata Qodari, pemerintah dan BPJS Kesehatan harus tetap bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

"Pasalnya dalam kategori Program Pemerintah yang Paling Tidak Disukai, terdapat 3,7 persen responden yang menilai bahwa proses pelayanan kesehatan masih sulit," katanya. (*)