Tim Gabungan Pemkot Solok Jaring Puluhan Gepeng

id Tim, Gabungan, Pemkot, Solok, Jaring, Puluhan, Gepeng

Solok, (AntaraSumbar) - Tim gabungan Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar), menjaring puluhan gelandangan dan pengemis dalam razia yang digelar pada Jumat.

Kepala Seksi (Kasi) Penyidik Kantor Satpol PP Kota Solok, Jamalus di Solok, Jumat, mengatakan para gelandangan dan pengemis itu terjaring di tiga tempat yang berbeda, yakni perapatan simpang lampu merah, di jalur dua pusat Kota Solok, dan di Pasar Raya Solok.

Ia menerangkan, gelandangan dan pengemis yang terjaring razia tim gabungan Satpol PP serta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja itu pada umumnya berasal dari luar daerah itu, antara lain dari daerah Alahan Panjang, dan Muara Panas, Kabupaten Solok.

Ia mengatakan, diantara pengemis yang tertangkap, tiga diantaranya anak-anak yang masih duduk di bangku kelas lima SD di salah satu sekolah dasar di Muara Panas, Kabupaten Solok.

Dari keterangan anak-anak tersebut, ia mengemis karena diperintah oleh guru mengaji mereka, yang katanya uang yang didapatkan nantinya akan dipergunakan untuk membeli hadiah pada perlombaan MTQ di Surau tempat ia mengaji.

Ia menambahkan, anak-anak tersebut juga mengakui, bahwa selain mereka masih banyak temannya yang lain yang mengemis di kota Solok.

Mereka ke Kota Solok diantar oleh tukang ojek dan akan dijemput kembali ditempat yang telah ditentukan pada pukul 16:00 atau 17:00 WIB, katanya.

Ia juga mengatakan, para gelandangan dan pengemis yang tertangkap itu akan didata dan dibina di Markas Pol PP Kota Solok.

"Setelah itu dipulangkan ke rumahnya masing-masing, dan bagi anak anak akan diantarkan dan diserahkan langsung kepada orang tuanya," katanya. (cpw5)