Partai Ummat Sebut Vasko Ruseimy Seperti Turbo untuk Mahyeldi

id Mahyeldi-Vasko

Partai Ummat Sebut Vasko Ruseimy Seperti Turbo untuk Mahyeldi

Calon Wakil Gubernur Sumbar, Vasko Ruseimy bersama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Sumatera Barat (Sumbar), Taslim. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Sumatera Barat (Sumbar), Taslim Chaniago Datuak Tambogo mengibaratkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Vasko Ruseimy seperti turbo bagi Calon Gubernur (Cagub) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal tersebut disampaikan Taslim dalam kegiatan bertajuk 'Konsolidasi Ummat untuk Kemenangan' yang digelar di Hotel Truntum Padang, Rabu (18/9/2024) siang.

"Sosok Adinda Vasko Ruseimy ini merupakan turbo bagi Mahyeldi sehingga bisa mengejar ketertinggalan Sumbar. Apalagi Sumbar selalu ditimpa bencana," kata Taslim.

Ia mengatakan, Partai Ummat tidak akan sembarangan memberikan dukungan politik kepada kandidat kepala daerah, melainkan telah melalui berbagai

"Soal dukungan Gubernur, kami sudah melalui proses dan rapat di DPW, kami putuskan ke Mahyeldi dan Vasko, kami juga konsultasi ke DPP," katanya.

"Kenapa memilih Mahyeldi dan Vasko? Kalau (tetap dengan) pasangan yang lama, kami tak dukung. Kami melihat Mahyeldi perlu energj baru, kami melihat Vasko itu seperti turbo," sambung Taslim.

Pada kesempatan itu, Taslim juga menyampaikan aspirasi dari pihaknya kepada pasangan Mahyeldi-Vasko di tiga hal.

"Pertama, jika pasangan Mahyeldi-Vasko terpilih, kami ingin muatan lokal keminangkabauan dan bahasa daerah itu diajarkan lagi di seluruh sekolah," katanya.

Kedua, kata Taslim, soal kesehatan. Partai Ummat menyoroti persoalan LGBT yang tinggi di Sumbar. Menurutnya, LGBT sudah tak lagi menjadi penyakit semata, melainkan sudah memiliki jaringan.

"LGBT di Sumbar termasuk yang tinggi dan disorot betul oleh Islamophobia (kelompok anti Islam). Kami mengusulkan badan atau lembaga khusus yang menangani persoalan LGBT. Ini bukan penyakit biasa, ini sudah ada jaringan. Tujuan lembaga ini dibentuk, agar Islam dan Sumbar tak dipojokkan terus," katanya.

Terakhir, Partai Ummat menitipkan aspirasi kepada pasangan Mahyeldi-Vasko agar membangun lembaga percepatan pembangunan ekonomi berbasiskan adat.

"Pemerintah daerah ke depan harus memperkuat basis ekonomi di Nagari, karena ulayat itu ada di Nagari. Ini kami serahkan ke Vasko Ruseimy untuk diperjuangkan. Kami seikhlasnya dan seistiqomah mungkin untuk berjuang. Kami dan kader bertanggungjawab dengan pilihan kami (mendukung Mahyeldi-Vasko)," katanya.

Sementara itu, Cawagub Sumbar periode 2024-2029, Vasko Ruseimy mengaku sangat bangga dan terhormat atas dukungan yang diberikan oleh Partai Ummat kepada dirinya dan Mahyeldi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2024.

"Semangat dan harapan yang sama dari Partai Ummat dengan kami diharapkan bisa bersama-sama untuk diimplementasikan," katanya.

Baik ia dan Mahyeldi, sepakat untuk berpolitik santun dan tidak meladeni semua beragam kampanye negatif yang dialamatkan kepadanya dari lawan politik.

"Saya meminta kepada semua pendukung, jangan habiskan energi untuk menyerang balik semua fitnah dari pihak luar kepada kita. Kita tidak ada waktu untuk ribut-ribut. Sumbar membutuhkan gerakan dan semangat yang sama, untuk saling menghancurkan, jika kita ribut-ribut, maka rakyat yang akan terkorbankan," katanya.

Vasko Ruseimy yang juga merupakan Ketua DPP Partai Gerindra itu juga mengaku akan merangkul seluruh elite, termasuk lawan politik dalam memimpin Sumbar.

"Kami ingin berpolitik santun dan merangkul, seperti yang diajarkan pak Prabowo Subianto kepada kami. Jika kestabilan politik tidak tercipta, tidak akan stabil ekonomi, investor tak akan berani berinvestasi di Sumbar. Saya tak mau hanya kepentingan dan ego elite politik, yang terkorbankan adalah rakyat yang di bawah. Saya mengajak membangun Sumbar dengan gagasan," tuturnya. (*)