Bertemu Vasko, Ketua KTNA Beberkan Kondisi Pertanian Sumbar

id Vasko,KTNA

Bertemu Vasko, Ketua KTNA Beberkan Kondisi Pertanian Sumbar

Calon Wakil Gubernur Sumbar, Vasko bertemu dengan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumbar, Asnal Zakri. (ANTARA/HO-Tim)

Padang (ANTARA) - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumbar, Asnal Zakri bertemu dengan Calon Wakil Gubernur Sumatra Barat, Vasko Ruseimy, Selasa (17/9/2024) di Rasa Eatery, Kota Padang.

Dalam pertemuan tersebut, Asnal mengungkapkan kondisi pertanian Sumbar saat ini. Tidak itu saja, Asnal juga menyampaikan harapannya soal pertanian Sumbar ke Vasko.

Asnal menyebutkan bahwa kondisi pertanian Sumbar saat ini seperti perkebunan, dinilainya cukup bagus. Namun tidak dengan sektor holtikultura.

“Sayur sekarang jatuh semuanya, harga itu tidak ada yang masuk. Harganya rendah,” ujarnya.

Asnal mencontohkan kondisi sayuran seperti tomat, sawi dan kubis yang harganya murah.

“Kemarin itu tomat tidak terjual, banyak ditumpahkan dimana-mana. Begitu juga kubis, begitu juga sawi, harga jatuh, harga di bawah standar,” ucapnya.

Padahal petani-petani, terang Asnal, sudah mengeluarkan biaya yang tinggi. Namun setelah dijual, hasil pertanian itu tidak laku di pasaran.

“Persoalannya, apakah pasar ini sekarang tidak mampu menampung atau memang daya beli itu, atau masyarakat yang tidak beli,” ungkapnya.

Sebagai komunitas petani, terang Asnal, ia mengharapkan nantinya pemerintah ikut serta memikirkan nasib petani ini.

Misalnya, terang Asnal, bagaimana tomat itu bisa diolah, ada pabrikannya di Sumbar. Begitu juga sayur-sayur lainnya itu, bagaimana nanti juga bisa diolah.

Sebagai generasi muda yang berpikiran lebih segar, Asnal mengharapkan Vasko bisa tampil memikirkan masyarakat pertanian, khususnya di Sumbar.

“Kita berharap ada solusi-solusi. Paling tidak yang bisa dicarikan solusi. Misalnya sektor pertanian ini kendalanya, ini solusinya. Kemudian, sektor perkebunan, ini persoalannya, ini solusinya,” ujar Asnal.

Apalagi Vasko, menurut Asnal, memiliki jaringan yang cukup luas. Ia berharap dengan adanya jaringan yang dimiliki Vasko, bisa membantu pertanian di Sumbar. (*)