Perdana dilaksanakan, bunda literasi dan duta baca tingkatkan kemajuan literasi di Pasaman

id Pengukuhan bunda literasi dan duta baca Pasaman

Perdana dilaksanakan, bunda literasi dan duta baca tingkatkan kemajuan literasi di Pasaman

Pengukuhan bunda literasi dan duta baca Pasaman di Lubuk Sikaping (Ist)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Pengukuhan bunda literasi dan duta baca perdana dilaksanakan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Ketua pelaksana yang juga Kabid Perpustakaan, Hulda Marina SE MM mengatakan dengan adanya duta baca ini diharapkan meningkatkan dunia literasi di Pasaman.

"Pengukuhan bunda literasi Kab.Pasaman dan duta baca ini baru pertama kali dilaksanakan, diharapkan ini dapat meningkatkan kemajuan literasi di Kab.Pasaman," ujar Hulda Marina SE MM, Rabu.

Hulda Marina juga mengatakan pada kesempatan itu juga diserahkan oleh Bupati hadiah untuk lomba perpustakaan Sekolah terbaik tingkat SD/MI dan SMP/Mts se-Pasaman.

"Kegiatan ini juga baru pertama kali dilaksanakan. Diharapkan bisa memacu perpustakaan sekolah untuk berbenah ke arah yang lebih baik, sesuai dengan standar Perpustakaan Nasional," tambah Hulda Marina.

Bupati Pasaman, Sabar AS mengingatkan bahwa bangsa yang besar bukan hanya dibangun di atas pondasi Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.

"Sejarah mengisahkan, bangsa yang besar, maju dan berkembang ditandai dengan masyarakatnya yang literat dan memiliki minat baca yang tinggi," kata Sabar AS.

Menurut mantan anggota DPRD Sumbar ini, agar pengetahuan menjadi luas tidak cukup hanya dengan mengandalkan pengalaman pribadi, melainkan dengan mengadopsi pikiran dan pengalaman orang lain melalui bacaan.

"Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan yang diperlukan. Tinggal lagi bagaimana upaya untuk meningkatkan minat baca di tengah masyarakat," kata Sabar AS.

Menurut mantan Wakil Bupati Pasaman itu, perkembangan kondisi menuntut munculnya kelompok masyarakat yang gemar membaca, dan menjadikan kebiasaan membaca sebagai bagian tidak terpisahkan dari hari-hari yang dijalani.

Sebab, menurut Sabar AS, masyarakat yang gemar membaca diniscayakan akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, yang sebagian besar di antaranya dipastikan memiliki manfaat yang besar untuk mendukung kehidupan.

Bupati Sabar berharap kehadiran Bunda Literasi dan Duta Baca di Pasaman mampu meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.

"Sosialisasikanlah ke tengah masyarakat bahwa kegiatan membaca itu besar manfaatnya," ungkap Sabar.

Lebih diharapkan lagi, menurut Bupati Sabar, Bunda Literasi dan Duta Baca Pasaman yang baru dikukuhkan mampu membuat terobosan yang membuat gemar membaca semakin luas di tengah masyarakat Pasaman.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pasaman, Taharuddin S. Pd. M. Pd mengatakan kegiatan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan role model dan garda terdepan dalam upaya untuk meningkatkan minat baca di tengah masyarakat Pasaman.

Kegiatan tersebut, tambah Taharuddin, juga dimaksudkan terjalinnya sinergitas yang baik dengan pemerintah serta perpustakaan yang ada di nagari dan sekolah-sekolah.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Bunda Literasi Pasaman yang diserahkan kepada Ny. Deni Sabar AS dan penandatanganan Duta Baca Pasaman yang diserahkan kepada Aurelia Nada Salsabila.