Pj Wali Kota Sawahlunto ajak Pemkot kaji potensi konsep Gelanggang Arang

id Pemkot Sawahlunto,Gelanggang Arang SAWAHLUNTO,BERITA SAWAHLUNTO,BERITA SUMBAR

Pj Wali Kota Sawahlunto ajak Pemkot kaji potensi konsep Gelanggang Arang

Penjabat Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan sambutan dalam acara puncak Gelanggang Arang di Sawahlunto, baru-baru ini. (Antarasumbar/HO-Prokopim Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Fauzan Hasan mengarahkan jajaran perangkat daerah terkait agar mempelajari konsep-konsep penyelenggaraan Gelanggang Arang agar bisa dikembangkan secara lokal di kota itu.

"Acara kebudayaan seperti Gelanggang Arang ini kita lihat berjalan dengan baik, memberi nilai kebermanfaatan yang cukup bagus dan sambutan masyarakat juga antuasias. Jadi ada potensi bagi Sawahlunto untuk ke depannya bisa menyelenggarakan acara serupa yang bisa menyambung semangat dari Gelanggang Arang ini," kata Pj Wali Kota Fauzan Hasan, dihubungi dari Sawahlunto, Senin.

Menurut dia, keberadaan acara budaya dalam suatu kota wisata menjadi faktor strategis yang mendorong peningkatan daya tarik pengunjung.

"Terutama ke depan kita kaji bagaimana meningkatkan nilai ekonomis dari acara-acara yang diselenggarakan sehingga masyarakat sekitar bisa menikmati keuntungannya," katanya.

Pj Wali Kota menyebut Sawahlunto sebagai kota kaya sejarah dan kaya budaya memiliki banyak aset baik berupa benda maupun tak benda yang bisa memperkuat kemeriahan sebuah acara.

Rangkaian Gelanggang Arang Tahun 2024 di Kota Sawahlunto diselenggarakan selama tiga hari yaitu sejak Rabu (03/07) sampai Sabtu (06/07) pada empat lokasi acara.

Sejumlah acara yang mengisi Gelanggang Arang tersebut yakni ; pameran foto ekosistem warisan dunia, pertunjukan tari, workshop musik talempong batuang, pawai budaya multietnis dan lain-lain.

Gelanggang Arang merupakan platform dalam memperkuat ekosistem Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) yang didukung Kemendikbudristekdikti.