KMF 2024 di Padang momentum perkuat kolaborasi pelaksanaan MBKM

id LLDIKTI, Kampus Merdeka Fair, MBKM, UPGRISBA

KMF 2024 di Padang momentum perkuat kolaborasi pelaksanaan MBKM

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH, M.Pd menyampaikan sambutan pada pembukaan Kampus Merdeka Fair 2024 di UPGRISBA. (ANTARA/Siri Antoni)

Padang (ANTARA) - Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH, M.Pd mengatakan even Kampus Merdeka Fair 2024, merupakan momentum untuk perkuat kolaborasi berbagai pihak dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma saat memberi sambutan pada pembukaan Kampus Merdeka Fair (KMF) 2024 di Universitas PGRI Sumatera Barat Convention Center, Kamis.

Dalam kegiatan KMF ini, kata dia, dipertemukan perguruan tinggi, pemerintah, mahasiswa dan pelaku dunia usaha.

Hal itu bertujuan untuk memperkuat implementasi program MBKM dan meningkatkan ekosistem pendidikan.

Dengan kolaborasi melalui program MBKM bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, dan siap beradaptasi dengan dunia kerja.

Ia mengatakan, semua pihak sudah turut menyukseskan kegiatan KMF 2024 yang digelar di Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) sehingga dapat terlaksana hari ini (30/5).

Pihaknya memberi apresiasi sangat tinggi kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan pelaksanaan even KMF di Padang.

Kegiatan dihadiri insan pendidikan dari Sabang sampai Merauke. Sebanyak 17 LLDIKTI turut hadir para pimpinan dan perwakilannya serta para sponsor.

"Kami LLDIKTI Wilayah X dan tim kampus merdeka Kemendikbud-Ristek mengucapkan terima kasih juga kepada Rektor beserta jajarannya yang telah berkenan menjadi tuan rumah even KMF 2024. Mari kita sukseskan even yang luar biasa ini, yang bertempat di kampus UPGRISBA," ujar Afdalisma.

KMF merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Kemendikbudristek, bertujuan untuk pengenalan kepada publik tentang kebijakan MBKM.

Kegiatan ini sekaligus untuk menggelorakan semangat kolaborasi yang diperlukan bagi pengembangan program Kampus Merdeka Mandiri.

Oleh karena itu, momentum baik ini mesti dimanfaatkan pemimpin kampus di bawah lingkup LLDIKTI untuk saling sharing pembelajaran-pembelajaran baik dalam pelaksanaan MBKM.

Apalagi, kata dia, pada 2024 Kemendikbudristek memberi kesempatan yang terbuka kepada LLDIKTI untuk menampilkan keunggulan masing-masing dalam menunjang program MBKM.*