KPU Agam lantik 117 PPS sukses Pilkada

id KPU Agam,Berita agam,Berita sumbar

KPU Agam lantik 117 PPS sukses Pilkada

Pelantikan PPS di enam kecamatan Kabupaten Agam. Dok HO/KPU Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melantik sebanyak 117 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berasal dari 39 nagari atau desa di Aula Bappeda setempat, Minggu (26/5).

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Agam Zainal Abadi di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan 117 PPS itu berasal dari 39 nagari di Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara dan Matur.

"Pelantikan dibagi dua lokasi yakni, Aula Bappeda Agam untuk Agam wilayah barat dan Aula SMA 1 Tilatang Kamang untuk Agam wilayah timur," katanya.

Ia mengatakan setelah pelantikan ini, PPS akan dinanti dengan tiga tugas berat dan paling cepat yang harus dilakukan.

Tugas tersebut berupa pembentukan sekretariatnya dan akan merekrut satu orang sekretaris dan dua orang staf dengan berkordinasi secara intens dengan pemerintah setempat.

Lalu pembentukan petugas data pemilih (Pantarlih) dan Pantarlih ini nantinya yang akan mendata pemillih di wilayahnya masing-masing.

Setelah itu PPS harus sesegera mungkin untuk melakukan sosialisasi terkait dengan penyelenggaraan Pilkada.

“Sosialisasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada ini harus dilakukan diberbagai tempat ditengah masyarakat, diberbagai kegiatan atau iven nagari dan diberbagai paltform media sosial seperti whatsApp, facebook, twitter dan instgram," katanya.

Ia menambahkan sosialisasi penyelenggaraan Pilkada ini, PPS harus berkolaborasi dengan berbagai lembaga masyarakat, elemen masyarakat, seluruh unsur yang ada di nagari dan masyarakat.

Zainal berpesan kepada anggota PPS yang baru dilantik agar menjaga kekompakan, jaga integritas dan profesionalisme serta bekerja sesuai dengan regulasi dan arahan dari KPU demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024.