Dekranasda Padang Young Modest Fashion Design Competition 2024, Lahirkan Designer Muda Berbakat

id Dekranasda

Dekranasda Padang Young Modest Fashion Design Competition 2024, Lahirkan Designer Muda Berbakat

Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang, kembali menggelar Lomba Desain Busana Khas Kota Padang di tahun ini.

Mengusung tema "Padang Young Modest Fashion Design Competition 2024, puncak acara lomba ini dilangsungkan di Hotel Truntum Padang, Selasa (7/5/2024).

Acara ini berlangsung sukses dan bertambah meriah, karena juga diisi penampilan fashion busana khas Kota Padang dari pimpinan OPD dan Camat di lingkup Pemko Padang. Selain itu juga ada penampilan dari Fikoh LIDA dan Astra KDI.

Mewakili Wali Kota Padang membuka kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi menyampaikan apresiasi atas kembali digelarnya Lomba Desain Busana Khas Kota Padang tersebut.

“Mewakili Wali Kota Padang, saya mengapresiasi Dekranasda Kota Padang yang kembali menggelar kegiatan sensasional ini. Diharapkan, ajang ini tidak semata tentang menampilkan fashion saja, tetapi untuk menggali potensi generasi muda Kota Padang di bidang desain dan fashion," harapnya.

"Semoga dapat melahirkan desainer-desainer muda Kota Padang yang kreatif dan berdaya saing. Dan semoga produk yang dihasilkan semakin diminati masyarakat serta mampu merambah ke pasar global," ujar Edi Hasymi menambahkan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa juga menyebutkan, lomba desain busana khas daerah Kota Padang ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pengrajin dan industri ekonomi kreatif (IKM) yang ada di Kota Padang.

“Ini merupakan tahun kedua Dekranasda Kota Padang mengadakan lomba yang sama. Jika di tahun 2023 lingkupnya masih terbatas, maka di tahun ini kami membuka pendaftaran untuk masyarakat umum Kota Padang," sebut Ny. Genny.

Selanjutnya istri Wali Kota Padang itu pun mengaku bangga melihat minat yang tinggi dari para desainer lokal Kota Padang dalam menciptakan busana yang memadukan unsur-unsur tradisional dan modern.

"Alhamdulillah, melalui lomba desain busana ini para desainer mempersembahkan hasil karya desain busana sesuai keindahan dan keunikan yang dimiliki Kota Padang. Semuanya bagus-bagus dan menjanjikan," ujarnya mengapresiasi.

Senada dengan itu, Ketua Harian Dekranasda Kota Padang Ferry Erviyan Rinaldy membeberkan, Lomba Desain Busana Khas Kota Padang 2024 ini sudah dimulai dari penerimaan pendaftaran peserta sejak 27 Maret hingga 15 April 2024. Kemudian dilanjutkan tahapan penyeleksian sehingga mengerucut dari 35 peserta menjadi 20 finalis yang berlaga di grand final.

"Untuk peserta lomba terdiri dari murid sekolah, perguruan tinggi dan pelaku kerajinan fashion di Kota Padang. Sementara untuk dewan juri kita menghadirkan para desainer profesional antara lain Fomalhaut Zamel, Emi Arlin dan De Irma. Bagi pemenang lomba akan menerima trophy dan tabanas," beber Kadisnakerin Kota Padang itu.

Dalam kesempatan itu juga hadir Ketua GOW Kota Padang Ny. Arie Ekos Albar, Ketua DWP Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar serta pihak sponsor kegiatan.