Pacu jawi tingkatkan ekonomi dan kunjungan wisata ke Tanah Datar

id Bupati Tanah Datar Eka Putra ,Berita tanah datar,Berita sumbar

Pacu jawi tingkatkan ekonomi dan kunjungan wisata ke Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan event anak nagari "Pacu Jawi" selain mempromosikan adat dan budaya juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Dari laporan panitia saat pelaksanaan event pacu jawi kepada kami, ada ratusan pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setiap minggunya dengan peredaran uang selama empat minggu pelaksanaan sekitar Rp500 juta," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Minggu.

Dia mengatakan, adanya pacu jawi setiap minggunya juga menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Datar, baik wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Kunjungan tersebut secara tidak langsung juga akan memberikan efek bagi destinasi-destinasi wisata lainnya di Tanah Datar.

"Maka dari itu, mari bersama untuk melestarikannya sehingga lebih banyak lagi menarik wisatawan mancanegara maupun domestik sehingga mampu memberikan multiplier effect bagi kita di Tanah Datar," kata dia

Dia mengatakan, saat ini ada empat kecamatan di Tanah Datar yang secara rutin menyelenggarakan pacu jawi, yaitunya Kecamatan Pariangan, Lima Kaum, Rambatan dan Kecamatan Sungai Tarab, yang dilakukan secara bergilir.

Kemudian, dalam menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Datar, pemerintah daerah setempat juga selalu mempromosikan potensi-potensi daerah, baik melalui media maupun promosi di Bandara Internasional Minangkabau, hingga tayangan video di kereta api di pulau Jawa.

"Kita juga pemerintah daerah, pada tahun ini menargetkan dua juta kunjungan ke Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo ini," kata Bupati.