Tim Observasi Kanwil Sumbar sambangi dua penjara, pastikan penguatan zona integritas

id Tim Observasi Kanwil Sumbar,Berita sumbar

Tim Observasi Kanwil Sumbar sambangi dua penjara, pastikan penguatan zona integritas

Tim Observasi Kanwil Sumbar sambangi dua penjara, pastikan penguatan zona integritas

Padang (ANTARA) - Tim Observasi dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar turun ke lapangan secara langsung untuk verifikasi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Maninjau pada Selasa (16/04).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan evaluasi lapangan satuan kerja (satker) usulan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

"Kalender kerja Pembangunan dan evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kemenkumham harus melakukan penilaian pendahuluan terhadap satuan kerja yang berproses menuju WBK pada tahun 2024 dimulai dari minggu pertama hingga ketiga April," kata Ketua Tim Observasi Hasran Sapawi.

Ia mengatakan dari 22 satker yang dilakukan observasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar nantinya yang akan diusulkan sebanyak 11 Satuan Kerja (Satker) untuk WBK.

Berdasarkan petunjuk teknis Penilaian Satuan Kerja Pembangunan ZI, Kanwil hanya diperbolehkan mengusulkan maksimal 50 persen dari jumlah satuan kerjanya yang berproses WBK ke Pembina Unit Eselon I.

"Oleh karenanya saya bersama tim observasi kantor wilayah melakukan pengamatan dan penilaian secara selektif dan obyektif dalam menentukan satuan kerja terbaik yang akan diusulkan," katanya.

Ia menjelaskan ada lima indikator yang dinilai pada saat observasi ini adalah komitmen pimpinan, sarana pelayanan publik, inovasi, survey IKM IPK, dan publikasi.

Selanjutnya, Tim Observasi Kantor Wilayah berkeliling ke area pelayanan kunjungan maupun area pelayanan warga binaan.