Ukraina pertimbangkan pinjaman nol bunga alih-alih hibah dari Amerika

id bendera ukraina

Ukraina pertimbangkan pinjaman nol bunga alih-alih hibah dari Amerika

Seorang warga terlihat saat acara "Pengibaran Bendera untuk Ukraina dalam NATO" di Vilnius, Lituania pada 11 Juli 2023. (ANTARA/Anadolu)

Jakarta (ANTARA) - Kiev bersedia mempertimbangkan usulan yang diajukan oleh mantan Presiden AS Donald Trump untuk menerima bantuan AS sebagai pinjaman tanpa bunga, bukan hibah, kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba kepada surat kabar Financial Times, Jumat.

"Trump sendiri mengatakan bahwa dia tidak menentang bantuan Ukraina," kata Kuleba dalam sebuah wawancara seraya menambahkan bahwa gagasannya adalah untuk "mengubah cara bantuan ini diberikan, dari hibah menjadi pinjaman tanpa bunga."

Menlu Ukraina mengatakan bahwa Kiev bersedia untuk menjajaki opsi tersebut, tetapi "ada masalah yang tersembunyi dalam rinciannya."

Selain itu, Kuleba telah menyatakan keyakinannya bahwa Washington akan memberikan paket bantuan baru kepada Ukraina terlepas dari hasil pemilihan presiden AS mendatang karena mayoritas anggota Partai Demokrat dan Republik mendukung Ukraina, kata surat kabar tersebut.

"Pertanyaannya bukan apakah, pertanyaannya adalah kapan dan bagaimana," kata Kuleba seperti dikutip.

Sebelumnya pada Februari, Trump menyarankan agar Washington memberikan bantuan luar negeri sebesar 60 miliar dolar AS (sekitar Rp952,32 triliun) untuk Ukraina dalam bentuk pinjaman daripada "menyerahkannya begitu saja.

Saran itu dilontarkan Trump setelah Senat AS meloloskan rancangan undang-undang pendanaan tambahan senilai 95 miliar dolar AS (sekitar Rp1,5 kuadriliun) dengan bantuan Ukraina dan Israel, tetapi tidak ada alokasi untuk langkah keamanan perbatasan.

Negara-negara Barat telah meningkatkan bantuan militer dan keuangan mereka ke Kiev sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022.

Sedangkan Kremlin secara konsisten memperingatkan agar Barat tidak melanjutkan pengiriman senjata ke Kiev, dengan mengatakan hal itu akan menyebabkan eskalasi konflik lebih lanjut.

Sumber: Sputnik

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ukraina pertimbangkan pinjaman nol bunga alih-alih hibah dari AS