Polri kirim Tim Misi Kemanusiaan bantu penanganan banjir Demak

id banjir demak

Polri kirim Tim Misi Kemanusiaan bantu penanganan banjir Demak

Sejumlah truk terjebak kemacetan di jalan Pantura Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (21/3/2024). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc/am.

Jakarta (ANTARA) - Polri mengirim tim misi kemanusiaan ke lokasi banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dalam rangka membantu Polda Jawa Tengah menangani bencana dan membantu masyarakat yang terdampak.

Keberangkatan tim misi kemanusiaan Polri ini dilepas langsung oleh Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Lapangan Baharkam, Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

"Hari Polri memberangkatkan tiga tim langsung ke Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Demak yang terdampak banjir," tutur Dedi.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan tim misi kemanusiaan ini terdiri atas, tim trauma healing, Tim Dokkes Polri dan Tim Polwan Siaga Bencana.

Tim Kemanusiaan ini kata dia, berjumlah 110 personel dibagi tiga tim ini untuk pemulihan sekaligus meringankan beban masyarakat terdampak banjir akibat jebol-nya tanggul Sungai Wulan.

"Tim yang pertama diberangkatkan adalah tim trauma healing. Karena durasi banjir-nya cukup panjang, tim trauma healing ini nanti akan bersinergi, bekerja sama, dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng untuk penguatan mental bagi para pengungsi yang berdampak," ujarnya menerangkan.

Kemudian, tim Dokkes Polri bertugas melaksanakan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh tenaga kesehatan, tenaga medis yang sudah ada di Jawa Tengah memberikan bantuan kesehatan untuk masyarakat terdampak.

"Kemudian Polwan Siaga Bencana sama, karena nanti akan membantu kegiatan dapur lapangan dan juga membantu sentra-sentra pengungsian yang dibutuhkan," ujarnya.

Tugas-tugas tim misi kemanusiaan ini, kata dia, akan dimonitor langsung oleh tim liputan khusus dari Divisi Humas Polri

Mantan Kepala Divisi Humas Polri itu menambahkan, tim ini sifatnya untuk mendukung penanganan yang telah dilakukan oleh Polda Jawa Tengah.

Selain ketiga tim tersebut, Polri juga mengirimkan bantuan berupa dua mobil ambulans, dua mobil konseling, satu mobil tim peliputan dan dua buah truk berisi bantuan bahan pokok untuk para korban banjir Demak.

Dedi menambahkan, pada Sabtu (23/3) dirinya bersama Kapusdokkes Irjen Pol. Asep Hendradiana, Kadiv Humas Irjen Pol. Sandi Nugroho dan Karo Psikologi SSDM Polri Brigjen Pol. Kristiyono akan meninjau langsung pelaksanaan tugas dari tim kemanusiaan yang diberangkatkan hari ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polri kirim Tim Misi Kemanusiaan bantu penanganan banjir Demak