Longsor di Lubuk Paraku, Semen Padang bantu alat berat

id Semen Padang, tanah longsor, alat berat, curah hujan

Longsor di Lubuk Paraku, Semen Padang bantu alat berat

Alat berat bersihkan material tanah longsor timbun jalan lintas Padang-Solok akibat tingginya curah hujan sejak Kamis siang. (ANTARA/HO-SP)

Padang (ANTARA) - Hujan deras yang melanda Kota Padang sejak Kamis (7/3) hingga malam mengakibatkan jalan lintas Padang-Solok di kawasan Lubuk Peraku, Kelurahan Indarung, Kota Padang, mengalami longsor yang menyebabkan terputusnya arus lalu lintas dari Solok menuju Padang, maupun sebaliknya.

Guna membebaskan jalan tersebut, PT Semen Padang pada Kamis malam, langsung bergerak cepat mengirimkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menimbun badan jalan nasional tersebut.

"Kita turunkan satu unit alat berat untuk membantu membebaskan material longsor di kawasan Sitinjau Lauik. Bantuan alat berat itu kami kerahkan, agar arus lalu lintas dari Solok menuju Padang, atau sebaliknya bisa kembali normal," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati.

Tak hanya itu, PT Semen Padang sejak Kamis malam, juga menurunkan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) dan karyawan untuk membantu warga yang terdampak banjir akibat hujan lebat. Seperti di kawasan Indarung, PT Semen Padang memberikan bantuan makanan, susu, dan perlengkapan untuk anak-anak.

Sementara itu, Camat Lubuk Kilangan, Afrialdi Masbiran mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mengerahkan bantuan alat berat ke lokasi longsor di Lubuk Peraku.

"Saya berterima kasih ke manajemen Semen Padang yang telah bergerak cepat mengerahkan bantuan alat berat. Menurut saya, ini sebagai bentuk kepedulian nyata dari Semen Padang. Buktinya, ketika saya minta bantuan alat berat, ternyata alat berat Semen Padang sudah jalan menuju lokasi longsor. Ini luar biasa sekali perhatiannya," kata Afrialdi.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Harry Mariza Putra. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah mengerahkan alat berat ke lokasi longsor.

Berkat bantuan alat berat dari PT Semen Padang, ditambah alat berat Dinas PUPR, lalu lintas Padang-Solok maupun sebaliknya sudah mulai lancar.

"Alhamdulillah, sekarang ini arus lalu lintas Padang-Solok sudah mulai lancar. Sebelumnya ada 4 titik longsor yang meninbun badan jalan Padang-Solok," katanya.

Kemudian, lanjutnya, kepada masyarakat yang ingin berpergian dan melintasi Jalan Padang-Solok, disarankan untuk menunda keberangkatannya, mengingat jalan Padang-Solok merupakan jalur rawan longsor, apalagi ketika cuaca buruk seperti sekarang ini.

"Kalau tidak keperluan penting, mohon ditunda dulu. Karena saat ini masih hujan dan dikhawatirkan terjadinya longsor susulan di jalan Padang-Solok," ujarnya.