Gubernur Sumbar terima penghargaan dari Mendagri

id Satpol PP, satlinmas, mahyeldi

Gubernur Sumbar terima penghargaan dari Mendagri

Gubernur Sumbar Mahyeldi menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan piagam penghargaan karya bhakti peduli Satpol PP kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang dinilai berperan aktif dalam memajukan Satpol PP di daerah itu.

"Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP yang kita berikan hari ini merupakan apresiasi atas perhatian sebagai kepala daerah dalam meningkatkan peran serta tanggung jawab memajukan Satpol PP dan Satlinmas di daerah," kata Mendagri di Padang, Minggu.

Ia mengatakan itu usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) saat Apel Gelar Pasukan dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Minggu.

Menurutnya Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran yang sangat besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta dalam upaya penegakan peraturan daerah (Perda).

Hal itu menempatkan kedua satuan tersebut menjadi salah satu ujung tombak dalam pemerintahan, karena itu perhatian kepala daerah bagi Satpol PP dan Satlinmas juga sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu Mendagri juga menyatakan rasa bangga dan aspresiasinya kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia, atas dedikasi dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk atas terselenggaranya rangkaian peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di Sumbar.

Mantan Kapolri itu juga menyinggung bahwa selama pelaksanaan Pemilu serentak pada Februari 2024, Satpol PP dan Satlinmas bersama TNI/Polri dan lembaga terkait lainnya, telah membuktikan peran yang sangat besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat sehingga, rangkaian pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar dan kondusif.

"Pemilihan Umum menjadi bagian terpenting dari kehidupan demokrasi dan menjadi penanda bahwa Indonesia adalah negara demokratis, negara yang memiliki kedaulatan rakyat," ujarnya.

Selaku pembina dan pengawas pemerintah daerah (Pemda) dan Satpol PP serta Satlinmas seluruh Indonesia, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran, atas kesediaan menjadi tuan rumah peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional tahun 2024.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas 2024 merupakan berkah tersendiri bagi daerah dan masyarakat. Sekitar tiga ribu orang peserta yang hadir dalam acara itu memunculkan efek ekonomi yang baik bagi daerah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan ini," katanya.

Lebih jauh ia mengatakan pihaknya menyadari betapa pentingnya peran dan fungsi Satpol PP sebagai penegak Perda.

"Salah satu harapan kami, agar Satpol PP yang masih berstatus honor agar bisa bisa dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang sudah tentu akan menambah motivasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya," ujarnya.

Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Satlinmas, yang berada di garis depan bersama TNI/Polri sehingga pelaksanaan pemilu di Sumbar dapat berlangsung lancar dan kondusif.