Pemkot Pariaman data kegiatan tahun baru pastikan Kamtibmas

id Pemkot Pariaman

Pemkot Pariaman data kegiatan tahun baru pastikan Kamtibmas

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian (tengah). Antara/HO-Diskominfo Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mendata kegiatan warga di daerah itu dalam menyambut pergantian tahun 2023 ke 2024 guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Kami telah meminta camat untuk meminta lurah dan kepala desa untuk mendata kegiatan-kegiatan pada malam tahun baru," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan panitia kegiatan tersebut nantinya akan diminta untuk mengurus izin keramaian ke kepolisian setempat serta mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pemkot Pariaman.

Aturan tersebut, lanjutnya yaitu di antaranya kegiatan paling lambat dilaksanakan hingga pukul 00.00 WIB dan tidak melaksanakan kegiatan yang melanggar norma adat dan budaya daerah.

Oleh karena itu, kata dia ia meminta Bhabinkamtibmas, dubalang atau penjaga keamanan di desa, serta pemuda untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama kegiatan.

Ia menyampaikan meskipun pihaknya telah meminta kepala desa dan lurah melalui camat untuk mendata kegiatan namun pihaknya belum bisa menyembutkan jumlah hasil pendataan tersebut karena masih melakukan pendataan.

"Nanti kami minta data jumlah kegiatan kepada camat, jika sudah selesai pendataan maka kami sampaikan," katanya.

Ia menyampaikan pada tahun-tahun sebelumnya banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat pada malam tahun baru.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama aparat kepolisian dan TNI setempat menyiapkan sembilan posko pengamanan di objek wisata guna memastikan keamanan dan ketertiban di daerah itu selama libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

"Sekitar 50 orang personil Satpol PP disiapkan dalam rangka pengamanan selama Nataru ini," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian di Pariaman.

Ia mengatakan pengamanan dari Polres Pariaman akan beroperasi mulai hari ini hingga 2 Januari 2024 sedangkan tim gabungan disiagakan pada 31 Desember 2023 atau malam tahun baru.

Selain mempersiapkan posko di objek wisata, ia juga meminta camat membuat edaran ke masing-masing desa dan kelurahan untuk mendata kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pemuda pada malam tahun baru.