Pemkot Pariaman upayakan ciptakan kota bersih hingga tingkat pedesaan

id Pemkot Pariaman,Pj Wako Pariaman

Pemkot Pariaman upayakan ciptakan kota bersih hingga tingkat pedesaan

Pj Wako Pariaman, Sumbar Roberia menyaksikan Kades dan lurah di daerah itu menandatanganani komitmen bersama untuk menyukseskan program Pariaman Barasiah. Antara/HO- Diskominfo Pasaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengupayakan menciptakan kota bersih hingga ke tingkat pedesaan dan kelurahan melalui program Pariaman Barasiah atau Bersih.

“Kita di Kota Pariaman mempunyai Gerakan Satu Jam Menyapu (GSM), dimana setiap Jumat pagi, seluruh jajaran ASN Pemkot Pariaman membersihkan sampah yang ada di destinasi wisata Kota Pariaman, dan setiap Jumat akan digilir pelaksanaanya,” kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Sabtu.

Guna mewujudkan upaya tersebut kepala desa dan lurah se-Pariaman menandatangani komitmen bersama untuk menyukseskan program itu. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Roberia dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Kamis sore.

Robe mengatakan komitmen dari desa dan lurah tersebut diperlukan karena GSM tidak dapat berjalan efektif jika tidak didukung oleh semua pihak, di antaranya pemerintah desa dan kelurahan.

“Karena itu, untuk menindaklanjuti GSM tersebut, kami mengajak seluruh kepala desa dan lurah yang ada di Kota Pariaman, untuk menandatangani komitmen bersama dalam rangka mewujudkan Pariaman Barasiah,” katanya.

Ia menjelaskan GSM diperlukan untuk mendukung pariwisata karena jika Pariaman bersih, indah, dan rindang maka akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan daerah.