Pemkot Pariaman kembali raih penghargaan di bidang kesehatan

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman kembali raih penghargaan di bidang kesehatan

Kepala Bappeda Pariaman, Sumbar Hendri (kanan) mewakili Pemkot Pariaman menerima penghargaan Swasti Saba Wistara. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat kembali meraih penghargaan di bidang kesehatan yaitu Swasti Saba Wistara yang merupakan kategori tertinggi dalam Anugerah Kabupaten dan Kota Sehat.

"Penghargaan tersebut didapatkan karena Pariaman dinilai berhasil mengimplementasikan sembilan tatanan pokok multidimensi yang menjadi indikator penilaian," kata Kepala Bappeda Kota Pariaman Hendri di Pariaman, Kamis.

Penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Suhajar Diantoro tersebut diterima Pemkot Pariaman yang diwakili oleh Hendri pada Selasa (28/11) di Jakarta.

Hendri mengatakan selain menerima penghargaan Swasti Saba Wistara, Pariaman juga mendapatkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Pratama.

Penghargaan tersebut, lanjutnya diberikan kepada daerah yang berkomitmen dan telah menuntaskan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) atau lebih dikenal dengan istilah Open Defecation Free (ODF).

Menurutnya penghargaan itu merupakan wujud dari program unggulan Kota Pariaman Water Front City dan bantuan 1.500 jamban sehat kepada warga kurang mampu di daerah tersebut.

Ia berharap penghargaan tersebut dapat memotivasi pemerintah beserta seluruh pemangku berkepentingan di daerah itu untuk menerapkan praktik positif yang telah dilakukan di tengah masyarakat sehingga bisa meningkatkan derajat kesehatan dan memelihara lingkungan yang layak.