Dokter minta publik untuk kenali dan hindari kondisi pradiabetes

id diabetes,prediabetes,skrining,cegah diabetes

Dokter minta publik untuk kenali dan hindari kondisi pradiabetes

Arsip foto - Petugas kesehatan memeriksa tekanan darah seorang warga saat memperingati Hari Diabetes Sedunia di UPTD Center Diabetes, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (16/11/2022). Dalam kegiatan itu Dinas Kesehatan Kota Ternate melakukan pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol secara gratis serta memberikan edukasi tentang bahaya penyakit diabetes kepada warga. (ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU/tom)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr. M. Ikhsan Mokoagow, M.Med.Sci, Sp.PD., Subsp. EMD, FINASIM menganjurkan masyarakat agar secara berkala memeriksa kadar gula darah untuk mengenali dan menghindari pradiabetes.



“Orang-orang yang kadar gula darahnya belum mencapai nilai ambang diabetes, tapi, sudah di atas ambang normal, maka mereka disebut mengalami pradiabetes,” ujar Ikhsan dalam sebuah wawancara daring yang diikuti dari Jakarta, Senin (13/11).



Seseorang yang tidak mendapatkan asupan kalori selama delapan jam normalnya memiliki kadar gula darah di bawah 100. Jika kadar gula darahnya sama dengan atau di atas 126, berarti mereka mengidap diabetes.





Jadi, orang yang memiliki kadar gula darah sama dengan atau lebih dari seratus, tapi, di bawah 126, dikatakan mengalami pradiabetes. Namun, pakar subspesialis endokrinologi metabolik dan diabetes itu mengatakan bahwa secara umum orang yang mengalami pradiabetes tidak memiliki gejala sehingga mereka seringkali tidak menyadari kondisi tersebut.





Dia pun menyarankan orang-orang yang berisiko mengalami diabetes, seperti anak dengan orang tua diabetesi atau orang dengan berat badan berlebih, untuk melakukan skrining dan memeriksa kadar gula darah mereka secara berkala setiap enam bulan hingga setahun sekali. Selain agar dapat mengendalikan kadar gula darah sejak dini, skrining yang tepat juga penting untuk mencegah terjadinya komplikasi yang mungkin timbul akibat diabetes.





“Selain itu, mereka juga harus menjalankan pola makan yang baik dan melakukan aktivitas olahraga yang cukup agar bisa mempertahankan berat badan yang ideal,” ucap Ikhsan.



Mengutip International Diabetes Federation (IDF), Ikhsan menyatakan bahwa peringkat Indonesia dengan jumlah diabetesi atau penderita diabetes terbanyak di dunia meningkat dari peringkat ke-7 pada 2019 menjadi peringkat ke-5 pada 2021.



“Hal ini mungkin karena kita sekarang melakukan skrining dengan lebih baik, sehingga banyak orang yang terdiagnosis diabetes lebih awal. Walaupun begitu, ini menunjukkan bahwa diabetes adalah masalah yang nyata,” ujar dia.



Oleh karena itu, peringatan Hari Diabetes Sedunia 2023 – yang jatuh pada 14 November setiap tahun -- mengusung tema “Know Your Risk, Know Your Response” untuk mengingatkan publik terhadap pentingnya skrining, terutama bagi orang-orang yang mengalami pradiabetes maupun memiliki faktor keturunan diabetes.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter minta publik untuk kenali dan hindari kondisi pradiabetes