Pemkot mulai manfaatkan atap Pasar Rakyat Pariaman untuk kegiatan

id pemkot Pariaman,berita Pariaman,berita sumbar

Pemkot mulai manfaatkan atap Pasar Rakyat Pariaman untuk kegiatan

Sejumlah siswi SD di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengikuti Lomba Melukis di atap Pasar Rakyat Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mulai memanfaatkan atap gedung Pasar Rakyat Pariaman untuk kegiatan guna meramaikan fasilitas jual beli tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian pedagang.

“Siapapun bisa menggunakan 'rooftop' Pasar Rakyat Pariaman sebagai tempat untuk mengadakan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Kalau bisa ramai, agar bisa membantu meningkatkan ekonomi UMKM yang ada di pasar rakyat ini," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Senin.

Atap gedung Pasar Rakyat Pariaman terdapat sejumlah kios kuliner serta tempat duduk yang representatif dengan pemandangan bukit barisan, keindahan kota, dan laut dari ketinggian.

Karena atap gedung itu relatif luas maka menurut Roberia bisa dijadikan sebagai lokasi pentas seni Minangkabau khas Pariaman dengan menggelar sejumlah lomba.

“Pergunakanlah fasilitas ini sebaik-baiknya dan jaga kebersihannya serta pelihara keindahannya supaya 'rooftop' Pasar Rakyat Pariaman ini menjadi salah satu tempat tujuan bagi pengunjung yang datang ke Kota Pariaman," katanya.

Ia menyampaikan Pemkot Pariaman telah menggunakan atap gedung tersebut untuk kegiatan lomba melukis untuk siswa tingkat Sekolah Dasar pada Minggu (12/11). Lomba dengan tema perjuangan para pahlawan tersebut diikuti oleh 40 peserta.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Alyendra mengatakan pihaknya memberikan peluang sebesar-besarnya kepada warga setempat untuk memanfaatkan atap Pasar Rakyat Pariaman untuk melaksanakan kegiatan.

Ia menyampaikan penggunaan atap pasar tersebut tanpa dipungut biaya atau gratis guna memancing minat warga memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Dengan adanya kegiatan dan ramainya kunjungan masyarakat maka juga akan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha. Selain itu juga dapat mempromosikan wisata dan UMKM yang ada di Kota Pariaman," tambahnya.

Sebelumnya Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amin meresmikan gedung Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang merupakan hasil revitalisasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

"Pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan dan revitalisasi guna memberikan akses kepada pedagang, terutama UMKM,’' kata Wapres saat memberikan sambutan pada Peresmian Pasar Rakyat Pariaman di Pariaman.

la menjelaskan revitalisasi yang dilakukan tidak saja dalam bentuk fisik, tapi juga manajemen, sosial, dan ekonomi sehingga Pasar Rakyat Pariaman mampu bersaing dengan pasar-pasar lain.

"Pasar Pariaman harus sehat, bersih, aman, dan tertata agar mampu bersaing dengan pasar-pasar lain,’ katanya.