Tim sepak bola Sumbar raih tiket ke PON XXI

id Sepak bola, sumbar, maifrizon, mahyeldi, PON, Porwil

Tim sepak bola Sumbar raih tiket ke PON XXI

Tim sepakbola Sumbar berhasil lolos ke babak Final Porwil XI di Pekanbaru dan berhak atas tiket PON XXI di Aceh 2024. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Tim sepak bola Sumatera Barat (Sumbar) meraih tiket menuju PON XXI Aceh-Sumatera Utara setelah berhasil masuk final Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera dengan mengalahkan Lampung 1-0 di babak empat besar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon saat dihubungi dari Padang, Senin, menyebut tim sepak bola yang masuk babak final Porwil XI otomatis lolos ke PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Ini menjadi pembuktian skema pembinaan atlet muda di Sumbar semakin baik. Setelah dua pemain muda Sumbar dipercaya memperkuat tim nasional U17, sekarang tim yang berlaga di Porwil XI juga bisa menunjukkan prestasi gemilang," ujarnya.

Maifrizon menyebut keberhasilan tim sepak bola Sumbar menembus babak final tidak lepas dari usaha para pemain yang pantang menyerah di lapangan, pelatih, dan ofisial yang terlibat langsung, serta tentu saja doa seluruh masyarakat Sumatera Barat.

"Kita juga berterima kasih atas dukungan Gubernur Sumbar Mahyeldi yang memberikan motivasi sebelum pertandingan melawan Lampung. Motivasi itu memberi semangat lebih kepada para pemain," ujarnya.

Pada babak semifinal yang digelar di Stadion Utama Riau, Kota Pekanbaru, Riau, gol tunggal Jimmy Trian pada menit ke-56 mengantarkan Sumbar melaju ke babak final.

Keunggulan tipis tersebut bertahan hingga wasit meniup peluit panjang dan di babak final Sumbar akan menghadapi tuan rumah Riau di Stadion Rumbai, Selasa (14/11).

"Kita berharap hasil terbaik di babak final nanti," kata Maifrizon.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Mahyeldi menjanjikan bonus tambahan Rp75 juta jika tim sepak bola Sumbar berhasil melaju ke final dan meraih tiket PON XXI.

Bonus tersebut langsung diberikan secara simbolis usai tim sepak bola mengalahkan Lampung di babak semifinal.