Puan Maharani: Kerja sama Indonesia-Jepang tetap jalan meski ganti pemerintahan

id Puan Maharani

Puan Maharani: Kerja sama Indonesia-Jepang tetap jalan meski ganti pemerintahan

Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri resepsi diplomatik di Wisma Duta, Tokyo, Rabu (11/10). (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan komitmen Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bahwa kerja sama yang sudah dijalin dengan Jepang selama ini tetap berjalan meskipun akan ada pergantian pemerintahan pada 2024 mendatang.

“Beliau menyatakan komitmennya untuk tetap mendukung dan menjalankan semua program kerja sama antara Indonesia dan Jepang selama ini walaupun ke depannya akan ada kemungkinan perubahan pemerintahan,” kata Puan saat ditemui dalam resepsi diplomatik di Wisma Duta, Tokyo, Rabu.

Dia menambahkan kedua pihak bersepakat untuk menguatkan dan meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang yang sudah berjalan 65 tahun.

"Dengan ditopang hubungan parlemen yang kuat dan bersahabat, ke depannya kita inginkan persahabatan Indonesia dan Jepang menjadi lebih erat dan saling menguntungkan bagi rakyat kedua negara. DPR RI siap bekerja sama dengan Parlemen Jepang untuk mendukung pemerintah kedua negara melakukan kerja sama yang inklusif dan menguntungkan rakyat (people-oriented relations)," ujarnya.

Dia juga menawarkan kerja sama di berbagai bidang, salah satunya energi terbarukan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Menurut Puan, ekonomi Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir mengalami banyak kemajuan dengan pembangunan berbagai infrastruktur yang membuat Indonesia dapat menjadi pusat produksi strategis di Asia.

“Kami berharap Jepang dapat menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti di bidang otomotif, maupun dalam pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan," katanya.

Puan mengatakan PM Kishida menyambut dengan baik tawaran tersebut.

“Saya akan mendorong kepada eksekutif untuk bisa menindaklanjuti hal tersebut,” kata Puan.

PM Kishida sebelumnya menyampaikan Indonesia - Jepang telah meningkatkan hubungan kedua negara menjadi kerja sama strategis komprehensif (comprehensive strategic partnership).

"Presiden Jokowi dan saya telah meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang menjadi Comprehensive Strategic Partnership. Saya harap hubungan kedua negara khususnya di bidang infrastruktur, energi termasuk dekarbonisasi dapat lebih ditingkatkan," kata PM Kishida.

Ia juga mengutarakan harapannya agar Ketua DPR RI Puan Maharani dapat memimpin pertukaran antara parlemen kedua negara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puan: Kerja sama Indonesia-Jepang tetap jalan meski ganti pemerintahan