Selasa, cuaca cerah hingga berawan di kota besar Indonesia

id bmkg, prakiraan cuaca selasa

Selasa, cuaca cerah hingga berawan di kota besar Indonesia

Ilustrasi - Cuaca cerah di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah hingga berawan meliputi mayoritas kota besar di Indonesia pada Selasa.

Berdasarkan informasi dari BMKG, yang dikutip di Jakarta, potensi asap juga diprakirakan menyelimuti Kota Jambi dan Palembang, Palangka Raya, dan Banjarmasin.

Prakiraan cuaca di Sumatera secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berawan. Namun, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Banda Aceh dan juga waspadai potensi hujan petir di Kota Medan, serta potensi asap di Kota Jambi dan Palembang.

Sementara, kota besar di Pulau Jawa diprediksi akan cerah hingga berawan tebal. Namun, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Kota Bandung.

Di Kota Denpasar dan Kupang diprediksi akan cerah berawan dan Kota Mataram diprediksi berawan.

Di Pulau Kalimantan, yakni Kota Pontianak dan Samarinda diprediksi cerah berawan, namun potensi asap di Palangka Raya dan Banjarmasin. Waspadai hujan dengan intensitas sedang di Kota Tanjung Selor.

Pulau Sulawesi, kondisi cukup kondusif diprediksi akan cerah berawan hingga berawan.

Dari timur Indonesia, di Ternate dan Ambon diprediksi akan berawan. Namun, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Manokwari dan Jayapura.

Untuk prakiraan tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah wilayah yang berada pada kategori sangat mudah terbakar adalah sebagian besar Sumatera bagian tengah hingga selatan, serta secara umum seluruh Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur hingga Nusa Tenggara Barat.

Untuk Pulau Kalimantan, secara umum sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Utara, dan untuk Pulau Sulawesi di sebagian besar Sulawesi kecuali Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah, serta sebagian kecil di Maluku, Papua Barat, dan Papua bagian Selatan.

Selanjutnya, untuk suhu di kota-kota besar Indonesia berkisar antara 20 hingga 36 derajat Celcius dan juga kelembaban berkisar antara 40 hingga 100 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Selasa, cuaca cerah hingga berawan di kota besar Indonesia