Polres Agam deklarasi Pemilu damai wujudkan Kamtibmas kondusif

id Polres Agam ,Berita agam,Berita sumbar,Polres Agam deklarasi Pemilu damai

Polres Agam deklarasi Pemilu damai wujudkan Kamtibmas kondusif

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat memberikan kata sambutan pada acara deklarasi Pemilu damai, Kamis (7/9). Dok Kominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat melakukan deklarasi Pemilu damai dalam rangka mewujudkan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di wilayah hukum Polres itu dalam menyambut pelaksanaan pesta demokrasi lima tahun tersebut.

Deklarasi ditandai pengucapan janji yang dipimpin oleh Ketua KPU Agam Herman Susilo diikuti oleh semua yang hadir termasuk 18 pimpinan partai politik. Setelah itu penandatanganan baliho janji yang telah diucapkan tersebut yang diawali oleh Ketua KPU Agam Herman Susilo, Bawaslu, partai politik peserta Pemilu, organisasi masyarakat, relawan dan Forkopinda di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam di Lubuk Basung, Kamis (7/9).

"Kami siap menjalankan tiga janji yang telah dibacakan," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan tiga janji itu mewujudkan Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia dan jurdil. Melaksanakan tahapan Pemilu secara aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi sara dan politik uang.

Selain itu melaksanakan tahapan pemilu berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku

Sementara Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat mengatakan pemilihan umum merupakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan berkualitas.

Pemilu 2024, tambahnya, tantangan berat bagi pemerintah, karena Indonesia negara demokrasi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.

Fakta yang terjadi proses Pemilu masih diwarnai dengan ketidakadilan, kecurangan dan hasrat politik yang tidak terbendung yang seringkali mengenyampingkan nilai-nilai prinsip yang ujung-ujungnya menjadikan rakyat sebagai korban.

"Ini harus kita cegah dan hindari secara bersama-sama guna terpilihnya pemimpin yang berkualitas," katanya.

Bupati Agan Andri Warman berharap Pemilu yang digelar 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan damai dan diikuti oleh semua pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanpa ketakutan, netral dan menentukan pilihan berdasarkan keinginannya.

"Saya atas nama pemerintah daerah berharap Pemilu kita ini berjalan dengan damai tanpa terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan dan juga berharap insan pers juga memainkan peran dalam mensosialisasikan Pemilu ini, agar berjalan dengan damai serta netral dalam pemberitaan," katanya.