Legislator serahkan upah tukang tahap satu BSPS di Agam

id Bpsps

Legislator serahkan upah tukang tahap satu BSPS di Agam

Wakil Ketua Komisi V Bidang Infrastruktur dan Perhubungan DPR-RI Muhammad Iqbal (empat dari kiri) menyerahkan upah tukang tahap satu Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi V Bidang Infrastruktur dan Perhubungan DPR-RI Muhammad Iqbal menyerahkan upah tukang tahap satu Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) program dari pemerintah pusat untuk warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu.

"Penyerahan upah tukang tahap satu BSPS itu dilakukan secara simbolis bagi penerima manfaat tersebar di Kecamatan Tanjung Raya di SMKN 1 Tanjung Raya dan Lubuk Basung di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra, Rabu (24/7)," kata Muhammad Iqbal di Lubuk Basung, Rabu.

Ia mengatakan penyerahan upah tukang itu langsung kepada mereka yang mengerjakan pembangunan rumah tersebut.

Setelah penyerahan secara simbolis, maka dilanjutkan penyerahan oleh pihak Bank Nagari ke masing-masing tukang.

"Untuk upah tukang tahap kedua bakal diserahkan dalam waktu dekat," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Agam mendapatkan BSPS sebanyak 712 unit tersebar di seluruh kecamatan.

Bantuan tersebut dengan total Rp20 juta yang digunakan untuk membeli bahan bangunan Rp17,5 juta dan upah tukang Rp2,5 juta.

"Biaya upah tersebut tidak terlalu besar. Namun pembangunan harus dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga rumah bisa selesai," katanya.

Ia mengakui BSPS merupakan program dana bantuan renovasi rumah yang diberikan oleh pemerintah digulirkan Kementrian PUPR untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Total program tersebut yang telah dibawa ke daerah pemilihan Sumbar dua sekitar ribuan unit semenjak 2023.

"Ini sudah tahun kedua dan tahun terakhir masa jabatan menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Insya Allah juga ada tambahan BSPS untuk tahap kedua," katanya.

Ia berharap BSPS tersebut dapat membantu pemerintah kabupaten dan kota, khususnya Agam untuk memperbaiki rumah tidak layak huni.

Mudah-mudahan program tersebut dirasakan oleh masyarakat dan mereka mendapatkan rumah layak huni.

Sementara Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Agam Rudi Hendri menambahkan pembangunan rumah BSPS di daerah itu berjalan dengan baik.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Wali Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal yang telah memberikan dana pokok-pokok pikiran ke Agam untuk memperbaiki rumah tidak layak huni 712 unit pada 2024," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Agam pada tahun ini juga merenovasi 112 unit rumah melalui pokok pokok pikiran anggota DPRD setempat.

Dengan renovasi rumah tersebut, maka jumlah rumah tidak layak huni akan berkurang di Agam

Satuan Kerja Satuan Penyediaan Perumahan Sumatera Barat Yuda menambahkan total BSPS diterima Sumbar sebanyak 1.650 unit tersebar di kabupaten dan kota.

BSPS itu berasal dari aspirasi Muhammad Iqbal dari fraksi PPP dan Athari Gauthi Ardi dari fraksi PAN.

"Agam merupakan kabupaten dan kota paling banyak menerima program tersebut," katanya.