Solok Selatan terima penghargaan penggunaan DAK

id Pemkab Solok Selatan,Berita Solok Selatan,Berita sumbar,Bupati Solok Selatan Khairunas

Solok Selatan terima penghargaan penggunaan DAK

Bupati Solok Selatan Khairunas menerima piagam penghargaan sebagai Kabupaten terbaik pengelolaan DAK semester I Tahun 2023. Antara/HO-Kominfo 

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Pengeloaan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik semester I Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Wilayah Sumbar.

"Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dinilai memiliki kinerja pelaksanaan dana DAK yang tepat waktu sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Selasa.

Dia berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi kinerja keuangan yang lebih baik lagi kedepannya.

Dia mengatakan, OPD pengampu dana DAK baik fisik maupun non-fisik harus memastikan hilirisasinya untuk pelayanan masyarakat demi tercapainya Solok Selatan yang maju dan sejahtera.

Pada 2023 total DAK yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sebesar Rp44,18 miliar dan telah direalisasikan senilai Rp26,55 miliar atau 62,41 persen hingga enam bulan pertama tahun ini.

OPD Solok Selatan penerima DAK yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, dan Pertanahan (DPUTRP).

DAK merupakan alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada Provinsi/Kabupaten/Kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Peruntukan dana ini dibagi dalam dua bagian, yakni DAK fisik dan DAK non-fisik.