TNI Polri di Bukittinggi imbau warga tingkatkan nasionalisme dengan kibarkan bendera merah putih

id TNI Polri di Bukittinggi,berita Bukittinggi ,berita sumbar,hut ri

TNI Polri di Bukittinggi imbau warga tingkatkan nasionalisme dengan kibarkan bendera merah putih

TNI Polri di Bukittinggi berpatroli melakukan sosialisasi imbauan mengajak warga mengibarkan bendera merah putih (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - TNI dan Polri melalui Polresta Bukittinggi dan Kodim 0304/Agam mengimbau warga untuk meningkatkan nasionalisme yang salah satunya dengan cara mengibarkan bendera merah putih menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Petugas secara bersamaan melakukan imbauan dengan cara berpatroli hingga ke pelosok wilayah hukum Polresta Bukittinggi dan menyerukan ajakan mengimbau melalui pengeras suara.

"Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, kami mengajak seluruh warga mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah masing-masing dan seluruh tempat umum," kata Kasi Humas, Kompol Sitinjak, Rabu.

Ia mengatakan personil Polresta Bukittinggi dan Kodim 0304/Agam aktif melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait pentingnya menjaga semangat nasionalisme.

"Sekaligus memberikan arahan kepada elemen masyarakat terkait peran serta mereka dalam memperingati Hari Kemerdekaan," kata Sitinjak.

Ia berharap pentingnya peran aktif warga masyarakat dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurutnya, mengibarkan bendera merah putih adalah salah satu bentuk penghormatan terhadap semangat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bangsa.

"Melalui pengibaran bendera merah putih di hari kemerdekaan, kita dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan kesatuan bangsa, semoga dengan adanya himbauan ini, masyarakat semakin antusias untuk ikut serta dalam memperingati Hari Kemerdekaan," ujarnya.

Atas himbauan personil Polresta Bukittinggi dan Kodim 0304/Agam, masyarakat Bukittinggi dan sekitarnya merespons dengan antusias.

Banyak warga yang kemudian dengan bangga mengibarkan bendera merah putih di bangunan rumah, pertokoan, dan pusat kegiatan masyarakat lainnya.

"Dengan semangat yang sama, diharapkan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ini akan menjadi momen yang mempersatukan dan membangkitkan semangat nasionalisme," kata salah seorang warga, Rizal.

"Semoga semangat perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk meraih kemerdekaan, senantiasa terus hidup dalam sanubari kita semua, sungguh tidak berat mengibarkan bendera ini, tidak sebanding dengan pengorbanan pahlawan kita dulu," kata warga lainnya, Hendra.