Unand-PT KIJ kerja sama buat tinta dari tanaman gambir untuk pemilu

id Tinta pemilu, tinta bahan Gambir ,Invensi universitas Andalas, berita unand

Unand-PT KIJ kerja sama buat tinta dari tanaman gambir untuk pemilu

Universitas Andalas bersama PT Kudo Indonesia Jaya (KIJ) bekerja sama dalam memproduksiĀ  atau pembuatan tinta yang akan digunakan saat penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berbahan gambir. (ANTARA/HO-Humas Unand).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat bersama PT Kudo Indonesia Jaya (KIJ) bekerja sama dalam memproduksi atau pembuatan tinta berbahan baku gambir yang akan digunakan saat penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"PT KIJ akan memproduksi tinta gambir yang digunakan saat pemilu dalam pengadaan oleh KPU Sementara, Unand bertindak sebagai penyedia formula dan bahan baku utama tinta," kata Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerja Sama, riset dan Inovasi Unand Hefrizal Handra di Padang, Sabtu.

Kerja sama kedua belah pihak tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa itu dengan pihak PT KIJ yang diwakili Eko Santiko selaku direktur perusahaan tersebut.




Tinta hasil invensi Unand tersebut merupakan yang pertama di Indonesia menggunakan bahan alami dari tumbuhan gambir. Dengan menggunakan bahan baku alami, tinta tersebut lebih ramah lingkungan. Termasuk membantu pengembangan perekonomian daerah.


Indonesia adalah negara penghasil gambir terbesar dunia dan menyuplai lebih dari 80 persen kebutuhan pasar global. Sumatera Barat merupakan penghasil gambir terbesar di Indonesia dengan luas lahan 28.016 hektare (Ha), dan jumlah produksi 7.582 ton setiap tahun.

Hefrizal Handra mengatakan kerja sama kedua belah pihak tersebut merupakan salah satu bentuk hilirisasi riset yang dilakukan Unand untuk memberikan dampak positif terhadap masyarakat, khususnya petani gambir.

"Tinta organik gambir ini telah memenuhi spesifikasi untuk pemilu. Melalui kerja sama ini, Unand bersama PT KIJ juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani-petani gambir di Indonesia," jelas dia.


Senada dengan itu, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Unand Muhammad Makky menjelaskan keunggulan dari produk tersebut ialah ramah lingkungan dan aman bagi kulit sehingga cocok digunakan untuk pesta demokrasi lima tahunan.

Ke depan, tinta berbahan gambir tersebut tidak hanya dipakai untuk kebutuhan pemilu, namun juga bisa digunakan untuk tinta printing oleh perkantoran, perdagangan, tekstil, bisnis dan lain sebagainya.
"Dengan pemanfaatan tinta pemilu berbahan gambir asli Indonesia, Unand bersama PT KIJ telah melaksanakan misi memberikan kontribusi kesejahteraan bagi petani di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT KIJ Eko Santiko mengatakan perusahaan tersebut merupakan penyedia produk tinta berbasis tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) di Indonesia, dan telah menghasilkan tinta dengan berbagai merek.
"PT Kudo Indonesia Jaya menerima kerja sama ini karena yakin dan percaya dengan kualitas tinta berbahan gambir yang sudah teruji melalui beberapa kali penelitian di Universitas Andalas," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unand-PT KIJ kerja sama buat tinta dari tanaman gambir untuk pemilu