Harga emas jatuh ke terendah tiga bulan saat kesaksian Powell kepada Kongres

id Harga emas jatuh, harga emas

Harga emas jatuh ke terendah tiga bulan saat kesaksian Powell kepada Kongres

(ilustrasi) batangan emas seberat 1 gram disusun di ZLatarna Celje, Celje, Rabu (17/4). Harga emas naik 1 persen pada hari Rabu setelah jatuh rendah sejak dua tahun lalu minggu ini menarik perhatian Asia untuk membeli logam mulia tersebut, tetapi sentimen masih tetap terguncang akibat kerugian terbesar dalam sejarah 30 tahun selama dua hari kemarin. (REUTERS/Srdjan Zivulovic )

Jakarta (ANTARA) - Harga emas berjangka tergelincir ke posisi terendah tiga bulan pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), memperpanjang kerugian untuk sesi kedua berturut-turut, di tengah kesaksian Ketua Federal Reserve Jerome Powell kepada Kongres AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, jatuh 2,80 dolar AS atau 0,14 persen menjadi ditutup pada 1.944,90 dolar AS per ounce, setelah menyentuh level tertinggi sesi di 1.950,40 dolar AS dan terendah di 1.929,30 dolar AS.

Emas berjangka anjlok 23,50 dolar AS atau 1,19 persen menjadi 1.947,70 dolar AS pada Selasa (20/6), setelah naik 0,50 dolar AS atau 0,03 persen menjadi 1.971,20 dolar AS pada Jumat (16/6) dan terdongkrak 1,80 dolar AS atau 0,09 persen menjadi 1.970,70 dolar AS pada Kamis (15/6).

Bursa Comex ditutup pada Senin (19/6) untuk hari libur publik.

Emas jatuh ketika Powell memulai kesaksian setengah tahunannya selama dua hari di depan Komite Jasa Keuangan DPR pada Rabu (21/6), berpegang pada kata-kata hawkish yang dia adopsi pada konferensi pers keputusan pasca-suku bunga Fed dari 14 Juni, di mana bank sentral menghentikan pengetatan moneter selama lebih dari setahun.

Meskipun inflasi telah agak moderat sejak pertengahan tahun 2022, Amerika Serikat masih jauh dari inflasi yang rendah dan stabil, karena "tekanan inflasi terus berjalan tinggi, dan proses menurunkan inflasi kembali ke 2,0 persen masih jauh," kata Powell.

Powell menegaskan kembali bahwa suku bunga kemungkinan akan naik lebih tinggi lagi dalam sidang dengar pendapat di Kongres.

Kesaksian Powell akan memberikan petunjuk baru tentang waktu kenaikan suku bunga AS di masa depan, ketika pasar memperkirakan dua kenaikan suku bunga lagi dari Federal Reserve tahun ini, menurut analis pasar.

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Presiden Federal Reserve Chicago Austan Goolsbee mengatakan bank sentral AS perlu "melakukan lebih banyak penciuman" terhadap ekonomi dan inflasi sebelum menentukan apakah akan melanjutkan menaikkan suku bunga.

"Saya belum memutuskan apa yang seharusnya menjadi keputusan suku bunga lebih dari sebulan dari sekarang," kata Goolsbee.

The Fed melewatkan kenaikan suku bunga minggu lalu setelah 10 kenaikan berturut-turut sejak Maret 2022. Kenaikan suku bunga membutuhkan waktu untuk memperlambat ekonomi dan efeknya selalu terlihat jelas, kata Goolsbee.

Keputusan The Fed berikutnya tentang suku bunga dijadwalkan pada 26 Juli, dengan banyak ekonom telah memperkirakan bank sentral akan menambah suku bunga seperempat poin persentase, membawa mereka ke puncak 5,5 persen dalam upaya untuk menjinakkan inflasi lebih lanjut.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli melemah 42,40 sen atau 1,82 persen, menjadi ditutup pada 22,81 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli merosot 19 dolar AS atau 1,96 persen, menjadi menetap pada 949 dolar AS per ounce.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Emas jatuh ke terendah tiga bulan saat kesaksian Powell kepada Kongres