Pemkot: Persiapan gelar teknologi Penas Tani hampir rampung

id Penas Tani,Sumbar,Padang,padang

Pemkot: Persiapan gelar teknologi Penas Tani hampir rampung

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi (ANTARA/HO Diskominfo Padang)

Padang (ANTARA) - Persiapan Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan untuk menggelar Teknologi Pertanian yang akan ditampilkan di Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di kota setempat pada 10-15 Juni 2023, hampir rampung.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi di Padang, Kamis mengatakan persiapan gelar teknologi sudah mencapai 90 persen.

"Kita masukan berbagai macam ikan hias yang produknya berasal dari Kota Padang seperti ikan sepat, ikan komet dan lainnya," kata dia.

Selain itu juga terdapat proses budi daya belut dan budi daya cacing dengan sistem apartemen.

Menurut dia, cacing merupakan panganan ikan, proses dari pembudidayaan cacing merupakan protein yang paling baik bagi ikan.

Dirinya mengatakan tujuan dari gelar teknologi untuk memancing kreatifitas peserta Penas Tani sehingga dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha.

Selain itu, dengan gelar teknologi diharapkan dapat memberikan motivasi dan mendorong pengembangan teknologi di bidang pertanian dan kelautan.

Ia menambahkan di lokasi Penas Tani juga disediakan fiber dan nanti juga ada narasi dibuat di sana dengan tujuan jika ada yang mau membeli ikan itu sudah ada penjelasannya.

"Ini yang akan kita tampilkan, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan Penas Tani," kata dia.

Menurut dia, menjelang acara puncak akan diatur jadwal kapan memasukkan ikan ke dalam fiber karena cuaca saat ini panas sehingga diatur penjagaannya.

"Jika terlalu cepat dikhawatirkan ikan akan mati," kata dia.