Jamaah haji asal Kota Payakumbuh didominasi oleh PNS

id haji asal Kota Payakumbuh ,Berita payakumbuh

Jamaah haji asal Kota Payakumbuh didominasi oleh PNS

Pj Wako payakumbuh Rida Ananda saat melepas secara resmi 249 jamaah calon haji asal Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat terdapat 81 jamaah calon haji (JCH) dari 249 JCH yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi pada musim haji tahun 2023.

Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Joben di Payakumbuh, Rabu, mengatakan JCH Kota Payakumbuh berasal dari berbagai profesi mulai dari petani, pedagang, wiraswasta, BUMN, pensiunan, mahasiswa, dan lainnya.

"Petani itu ada 9 orang, pedagang 31 orang, wiraswasta 20-an orang, dan yang paling banyak itu PNS yakni berjumlah 81 orang," katanya.

Ia mengatakan bahwa jumlah JCH pada musim haji tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 127 orang.

"Alhamdulillah pada tahun ini JCH kita lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. biasanya kita tidak ada yang mencapai 249 orang," ujarnya.

Disampaikannya bahwa JCH asal Kota Payakumbuh tergabung dalam Kloter XI dan Kloter XVII. Untuk kloter XI akan diberangkatkan menuju embarkasi Padang pada Rabu (14/06) pukul 13.00 WIB dari GOR M. Yamin Kubu Gadang.

"Dari 249 JCH ini 10 orang diantaranya masih tergabung dalam Kloter XVII. Kita terus mengupayakan yang 10 ini bisa bergabung dan berangkat bersama Kloter XI," ujarnya.

Pada keberangkatan kali ini, kata dia, jamaah tertua bernama Maryam Damin Naaman usia 89 tahun dari Koto Kociak Kubu Tapak Rajo. Sementara yang termuda berusia 24 tahun atas nama Vithasya Mizalatulchair Ruzalyan dari Padang Tiakar.

Sementara Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh JCH. Pertama persiapan fisik dan kedua persiapan mental.

"Kita perlu menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang seimbang, dan istirahat yang cukup. Disamping itu, juga harus mempersiapkan diri dengan meninggalkan segala urusan dunia yang dapat mengganggu konsentrasi kita dalam beribadah," katanya.

Ia mengatakan untuk mendukung pelayanan jemaah haji, Pemko Payakumbuh setiap tahunnya selalu memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

"Selamat jalan Bapak/Ibuk jamaah calon haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat pergi ke tanah suci dan kembali lagi ke tanah air," ujarnya.

Teks Foto: Pj Wako payakumbuh Rida Ananda saat melepas secara resmi 249 jamaah calon haji asal Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu. Antara/Akmal Saputra