DPRD Sumbar ingatkan satuan pendidikan perhatikan potensi anak didik

id Peserta didik, anak didik, kualitas pendidikan, ketua DPRD Sumbar Supardi

DPRD Sumbar ingatkan satuan pendidikan perhatikan potensi anak didik

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi (paling depan dua dari kanan) menghadiri kegiatan Yayasan Raudhatul Jannah. ANTARA/HO-Humas DPRD Sumbar.

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengingatkan setiap satuan pendidikan terutama sekolah dasar (SD) untuk memerhatikan potensi masing-masing anak didik guna menentukan arah masa depannya.

"Sekolah dasar harus membekali karakter anak untuk memiliki keberanian dalam menentukan pilihan ke jenjang selanjutnya, dan bukan karena keinginan orang tua atau lingkungan," kata Ketua DPRD Sumbar Supardi di Padang, Rabu.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar anak didik akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik ke sekolah menengah pertama (SMP), sanawiah dan lain sebagainya. Namun, sebelum menyambung ke tingkat yang lebih tinggi, SD harus membekali peserta didik untuk menentukan masa depannya, kata dia mengingatkan.

Politisi kelahiran 17 April 1973 tersebut mengatakan SD merupakan tempat untuk membangun karakter pribadi anak. Oleh karena itu, pendidik harus memberikan ruang seluas-luasnya untuk mengoptimalkan potensi diri anak.

"Guru-guru harus membuka ruang terhadap potensi anak sesuai dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan sekarang yaitu Kurikulum Merdeka," ujarnya.

Menurutnya, setiap anak memiliki pilihan sendiri untuk menata masa depan. Tidak semua anak ingin menjadi birokrat, ulama atau politisi. Sebab, bisa saja mereka ingin menjadi pengusaha. Dalam hal ini sekolah maupun orang tua memiliki peran besar membimbing peserta didik.

Kota Payakumbuh, kata dia, merupakan salah satu daerah yang aspek pendidikannya tergolong memadai. Hal itu juga didukung dengan keberadaan tenaga pendidik yang berkualitas. Meskipun tidak didukung gaji yang layak termasuk fasilitas yang memadai, guru-guru di daerah itu tetap menjalankan tugas dengan baik.

Supardi mengatakan DPRD bersama Pemerintah Provinsi Sumbar akan terus memikirkan solusi terkait dengan kesejahteraan para guru di Kota Payakumbuh. Sebab, pendidikan yang berkualitas juga harus diiringi dengan kesejahteraan pendidik.

Terakhir, ia berharap Yayasan Raudhatul Jannah yang berada di Kota Payakumbuh terus berinovasi dalam memajukan aspek pendidikan di daerah tersebut.