Kebakaran menyebabkan lima rumah rusak berat di Kota Padang

id kebakaran padang,kebakaran rumah,bencana kebakaran

Kebakaran menyebabkan lima rumah rusak berat di Kota Padang

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran berupaya memadamkan api yang meliputi rumah warga di Jalan Payakumbuh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis siang (25/5/2023). (ANTARA/HO Damkar Padang)

Padang (ANTARA) - Kebakaran yang terjadi pada Kamis siang menyebabkan lima rumah rusak berat di Jalan Payakumbuh, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Bidang Operasional Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra mengatakan bahwa dinas segera menurunkan personel ke lokasi kebakaran.

"Dari keterangan saksi api muncul dari salah satu rumah warga dan langsung melapor kepada petugas pemadam kebakaran," katanya mengenai kebakaran yang dilaporkan terjadi pada pukul 14.16 WIB.

Menurut dia, sebanyak 70 petugas pemadam dan delapan mobil pemadam sampai di lokasi kebakaran pada pukul 14.27 WIB.

"Kami melakukan pemadaman dan memang lokasi kebakaran berada di gang yang sempit dan ada kemacetan," katanya.

Ia mengatakan bahwa kebakaran meliputi area seluas 5.000 meter persegi dan mengakibatkan lima rumah yang ditempati oleh lima keluarga rusak berat.

"Total ada 23 orang yang menghuni bangunan tersebut dan mereka saat ini mengungsi dari rumah," kata dia.

Menurut dia, kejadian kebakaran itu diperkirakan menimbulkan kerugian hingga Rp1,3 miliar.

"Kami berhasil melakukan pencegahan sehingga api tidak menjalar dan nilai yang terselamatkan sekitar Rp3 miliar dengan luas wilayah 4.000 meter persegi," kata dia.

Dia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan karena kebakaran rawan terjadi semasa cuaca panas.

"Ketika keluar rumah lebih berhati-hati dan memeriksa semua yang dapat menyebabkan sumber api karena cuaca panas," kata dia.